Jelang Pilgub Jatim 2018, Hasan Aminuddin Gencarkan Baliho, Kang Yoto Bikin Kaos

Jelang Pilgub Jatim 2018, Hasan Aminuddin Gencarkan Baliho, Kang Yoto Bikin Kaos Baliho Hasan Aminuddin sebagai Cagub yang mulai banyak bertebaran.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peta politik Jawa Timur makin marak memasuki tahun 2017. Hal itu ditandai dengan makin terbukanya kandidat maupun tim sukses dalam mensosialisasikan figur yang akan maju dalam Pilgub 2018. Mereka mulai menyapa masyarakat dengan media kalender maupun stiker.

Saat ini setidaknya ada dua kandidat cagub yang mulai massif terjun ke masyarakat, mereka adalah Hasan Aminuddin dan Suyoto atau Kang Yoto. Dua figur itu menambah deretan kandidat yang sudah running lebih dulu seperti Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdul Halim Iskandar (Pak Halim) serta Khofifah Indar Parawansah yang banyak mendapat dukungan dari akar rumput.

Menurut M. Dahlan, pengamat politik dari lembaga The Initiative, kondisi tersebut sangat wajar. Mengingat makin dekatnya pelaksanaan Pilgub Jatim yang akan digelar Februari 2018. Karena itu, para calon kandidat atau figur yang ingin maju menjadi kontestan Cagub atau Cawagub harus mulai bergerak.

“Kalau ingin menang atau paling tidak dilirik sebagai kandidat, harus mulai bergerak saat ini. Sebab pelaksanaan Pilgub semakin dekat,” ujar alumni Universitas Airlangga (Unair) ini seperti dikutip dari HARIAN BANGSA, Sabtu (7/1).

Dilansir HARIAN BANGSA, saat ini mulai sering ditemui orang menggunakan kaos dengan gambar atau tulisan kang Yoto. Bupati Bojonegoro tersebut memang tergolong kepala daerah yang berprestasi sehingga banyak pihak menganggap layak untuk naik kelas ke kursi Jatim 1. Partai Amanat Nasional pun membuka pintu bagi kadernya itu untuk maju Pilgub.

Kaos dengan tulisan “Om Kang Yoto Om” untuk Jawa Timur menarik perhatian masyarakat, karena mengadopsi istilah “Om Telolet Om” yang saat ini sedang trend dan menjadi viral di media sosial (medsos).

Sementara itu, manuver dari pendukung Hasan Aminuddin jauh lebih massif dan terbuka. Mereka tidak hanya menempel dan menyebar atribut. Tapi sudah melakukan sosialisasi figur anggota Komisi VIII DPR RI itu sebagai Calon Gubernur Jatim tahun 2018.

Gerakan pendukung mantan Bupati Probolinggo dua periode itu sangat terasa di wilayah Tapal Kuda dan Madura yang merupakan basis massa mantan Ketua DPW PKB Jatim Pro Gus Dur itu. Namun belakangan, atribut Hasan Aminuddin juga mulai terlihat di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Stiker politisi NasDem itu banyak menghiasi kaca mobil dengan nomor polisi berawalan L dan W. (mdr/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO