Bupati Tulungagung Pimpin Tanam 1000 Pohon di Tanggunggunung

Bupati Tulungagung Pimpin Tanam 1000 Pohon di Tanggunggunung

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Bertempat di lokasi wisata Pantai Sioro Dusun Kuningan Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten , dilaksanakan gerakan penanaman 1.000 pohon yang diselenggarakan oleh Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) Tanggunggunung, Sabtu (24/12/16). Gerakan ini dipimpin Drs. Sukaji, MM selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup , dan dikuti sekitar 300 orang masyarakat dari berbagai elemen.

Bupati , Syahri Mulyo, SE, M.Si, hadir langsung dalam kegiatan ini didampingi Kadin Kelautan & Perikanan Ir. Suprapto, Danramil 0807/18 Tanggunggunung Kapten Inf Warkani, Kapolsek Tanggunggunung AKP Muryadi dan Camat Tanggunggunung Drs. Kusdi.

"Pemenuhan bahan baku industri kayu tidak boleh melupakan kebutuhan masyarakat akan kebutuhan pangan. Untuk itu dalam melaksanakan penanaman dapat dikombinasikan antara tanaman kehutanan dengan tanaman pertanian untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, menengah dan panjang. Dengan demikian akan terwujud hutan yung lestari dan masyarakat sejahtera," ujar Bupati dalam sambutannya.

Pohon, lanjut Bupati, mempunyai banyak manfaat. Antara lain menambah tutupan lahan, mencegah terjadinya bencana banjir, longsor di musim bujan, kekeringan di musim kemarau, konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbondioksida di atmosfer, untuk antisipasi dampak perubahan iklim dan ikut berpartisipasi terhadap kebutuhan pangan, energi dan ketersediaan air untuk kesejateraan masyarakat.

"Untuk itu, hutan sangat penting sebagai pilar kehidupan, untuk generasi sekarang dan yang akan datang. Karena itu keberadaan hutan haruslah dilindungi dilestarikan. Akhir-akhir ini telah terjadi bencana alam disebabkan karena rusaknya Daerah Aliran Sungai (DAS) khususnya di bagian hulu. Kerusakan DAS mengakibatkan menyempitnya badan sedimentasi, pendangkalan Waduk, banjir dan longsor serta kerugian material dan jiwa yang harus ditanggung oleh masyarakat. Saat ini masyarakat mendambakan lingkungan yang lebih baik," pungkasnya

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan bibit tanaman secara simbolis oleh Bupati Syahri Mulyo, SE, M.Si kepada masyarakat. Ada 1.000 bibit yang akan ditanam, dengan jenis tanaman keras (trembesi, agasia) dan tanaman berbuah (durian, rambutan, alpukat).

Sementara Drs. Sukaji, MM (Kadin Lingkungan Hidup ) menyampaikan terimakasih kepada Kelompok Darwis, Perum Perhutani, LMDH dan masyarakat Desa Ngrejo serta semua pihak atas partisipasi dan kepeduliannya dalam pelestarian sumberdaya hutan.

"Dengan harapan kegiatan ini dapat berkesinambungan dan menjadi pelopor kelompok masyarakat lainnya untuk ikut melestarikan sumber daya hutan agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat ," ujarnya. (*/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO