Tim Gabungan Gegana Brimob Sterilkan 81 Gereja di Sidoarjo

Tim Gabungan Gegana Brimob Sterilkan 81 Gereja di Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim gabungan Gegana Brimob Polda Jawa timur dan Polresta Sidoarjo melakukan penyisiran di 81 Gereja di wilayah Sidoarjo menjelang perayaan Natal.

Berbekal metal detektor dan beberapa anjing pelacak, puluhan personil menyusuri tiap sudut ruangan dan melakukan pemeriksaan ke bagian-bagian kelengkapan yang akan digunakan untuk kegiatan misa Natal.

Kapolresta Sidoarjo AKBP Muhammad.Anwar Nasir yang mempimpin langsung pelaksanaan penyisiran di gereja-gereja menyatakan, untuk perayaan Natal 2016 pihaknya memfokuskan pengamanan di 81 gereja di wilayah Sidoarjo.

"Kami melakukan penyisiran untuk mensterilisasi 81 gereja baik yang besar maupun gereja yang kecil di wilayah Sidoarjo agar para umat yang akan menjalankan ibadah perayaan Natal berjalan dengan khusuk," kata AKBP Muhammad Anwar Nasir Kapolresta Sidoarjo di Gereja Elohim di jalan Kombes Pol M Durriyat Sidoarjo, Sabtu (24/12).

Setelah dilakukan sterilisasi dari Jibon dan tim Gegana, lokasi gereja ini akan dijaga oleh anggota sampai pelaksanaan misa natal selesai. "Kami juga bekerjasama dengan pihak gereja mengharapkan agar para jemaat tidak membawa barang bawaan yang berlebihan," kata AKBP Anwar.

"Sterilisasi ini dilakukan di semua wilayah Sidoarjo meskipun gereja tersebut tempatnya di daerah kecamatan, kami sudah perintahkan untuk Polsek jajaran untuk melakukan sterilisasi meskipun dengan cara manual," imbuhnya.

Masih kata AKBP Muhammad Anwar Nasir, pada saat akan dimulai misa natal pihaknya juga akan menempatkan anggota dari Polwan untuk memeriksa para jemaat khususnya wanita yang membawa barang bawaan. "Tapi tidak semua diperiksa, dilihat dari banyaknya barang bawaan tersebut," paparnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO