Jelang Akhir Anggaran, DPRD Gresik Perketat Pengawasan Dana Transfer Desa

Jelang Akhir Anggaran, DPRD Gresik Perketat Pengawasan Dana Transfer Desa Satu pekerja tengah melakukan pekerjaan dari dana bantuan. foto: syuhud/ bangsaonline

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang akhir tahun 2016, terus melakukan pengawasan ketat berbagai kegiatan/program yang belum rampung. Di antara program yang mendapatkan atensi adalah bantuan program dana transfer desa.

Sebab, program satu ini menyedot anggaran sangat besar. Baik dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Gresik maupun APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Menurut Wakil Ketua , Nur Qolib, dana transfer dari APBD tahun 2016 ke desa jumlahnya sangat fantastis, mencapai Rp 570 miliar. "Bisa dibilang tahun ini pesta bagi 330 desa yang tersebar di 18 Kecamatan se Kabupaten Gresik," ujar dia.

Dana sebesar itu rinciannya berasal dari ADD (Alokasi Dana Desa), DD (Dana Desa), bantuan keuangan dan bagi hasil pajak dan retribusi daerah. "Dana tersebut, Rp 445 miliar dari APBN dan sisanya dari hasil pendapatan Pemkab Gresik," jelas dia.

Hanya, kata Nur Qolib, pengawasan dana transfer dari APBN menjadi persoalan. Sebab, tidak memiliki kewenangan untuk mengawasinya. Sebab, proyek-proyek tersebut langsung dari pemerintah pusat. 

Sedangkan untuk yang bersumber dari APBD, Nur Qolib menyatakan saat ini terus melakukan pengawasan meski cenderung lemah.

"Kami akui kesibukan kunker teman-teman anggota DPRD akhir-akhir ini membuat fungsi pengawasannya program tersebut cenderung lemah. Namun, jelang akhir tahun ini kami bersama teman-teman akan memperketat pengawasan," terang politisi senior PPP asal Kecamatan Menganti ini.

Untuk itu, Nur Qolib mengajak kepada semua anggota untuk memperkuat pengawasan terhadap anggaran yang masuk ke desa-desa. "Sehingga, pelaksanaan program tersebut tepat sasaran, tepat waktu dan tepat pertanggungjawabannya," ajak dia.

Nur Qolib menambahkan, dana transfer tersebut sangat rentan penyimpangan jika tidak diawasi. "Sebab, dana tersebut diberikan masing-masing desa bukan berupa sarana fisik. Namun, berupa uang cash yang ditransfer ke rekening masing-masing desa," pungkasnya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO