Jumat, 19 April 2019 16:26

Semen Indonesia Foundation Dukung Pembangunan Sekolah Berwawasan dan Berbudaya Lingkungan di Madiun

Selasa, 15 November 2016 17:49 WIB
Semen Indonesia Foundation Dukung Pembangunan Sekolah Berwawasan dan Berbudaya Lingkungan di Madiun
Ketua Semen Indonesia Foundation, Soesetyoko Suwandi (kiri) menandatangani nota kesepahaman kerjasama membangun sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dengan 27 kepala sekolah di Madiun disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Madiun, Gandhi Hatmoko (kedua kanan) di SMPN 5 Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Semen Indonesia Foundation (SMIF) yang merupakan lembaga penunjang strategis PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam membangun sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dengan 27 sekolah di Madiun.

Penandatanganan disaksikan oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Madiun, Muntoro Danardono serta Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayan, Pemuda, dan Olahraga Kota Madiun, Gandhi Hatmoko, berlangsung di SMP Negeri 5 Kota Madiun, Selasa (15/11).

Program pembinaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan ini meliputi seminar, workshop, dan peninjauan lapangan tentang kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisiatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Dari kerjasama ini, diharapkan dapat melahirkan sekolah-sekolah yang berwawasan dan berbudaya lingkungan berstatus adiwiyata dan adiwiyata mandiri di Kota Madiun.

Ketua SMIF, Soesetyoko Suwandi, mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan wujud nyata komitmen Perseroan dalam membentuk generasi penerus berwawasan lingkungan.

"Kami memiliki 4 sekolah yang sudah menyandang predikat Adiwiyata Mandiri, yakni SMA Semen Gresik tahun 2010, SD dan SMK Semen Gresik tahun 2014, dan SMP Semen Gresik tahun 2016 ini. Hingga saat ini, SMIF telah membina sekitar 300 sekolah adiwiyata dan 400 sekolah adiwiyata mandiri," katanya.

Perguruan tinggi yang dikelola SMIF, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) pun berkesempatan untuk memberikan materi seminar bertema Teknologi Ramah Lingkungan.

Menurut Rektor UISI, Prof. Herman Sasongko, upaya pembinaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan ini merupakan langkah yang sangat baik dalam penyebarluasan wawasan lingkungan di sekolah.

"Kami senang dapat ikut berkontribusi dalam pembinaan ini karena kita tahu untuk meraih predikat adiwiyata mandiri tidaklah mudah, membutuhkan komitmen dari para guru dan murid untuk terus menjaga lingkungan," ujar Herman.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayan, Pemuda, dan Olahraga Kota Madiun, Gandhi Hatmoko menyatakan apresiasinya terhadap langkah positif SMIF.

"Semen Indonesia merupakan perusahaan pertama yang membuat kerjasama dalam pembinaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di Kota Madiun. Kita berharap ini dapat menjadi pionir bagi perusahaan lain untuk turut peduli dalam menanamkan karakter budaya dan wawasan lingkungan di sekolah," ujarnya.

Dua puluh tujuh sekolah yang mengikuti program pembinaan sekolah adiwiyata mandiri di Madiun ini meliputi 12 sekolah dasar, 10 sekolah menengah pertama, dan 5 sekolah menengah atas.

Selain di Madiun, SMIF juga menandatangani nota kesepahaman mengenai pembinaan sekolah adiwiyata mandiri dengan 25 sekolah di Magetan pada 16 November 2016 yang berlangsung di Kantor BLH Magetan. (hud/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...