Babinsa Bantu Petani Tanam Padi di Desa Bajeman Tragah Bangkalan

Babinsa Bantu Petani Tanam Padi di Desa Bajeman Tragah Bangkalan Babinsa bantu petani tanam padi.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 0829-08/Tragah jajaran Kodim 0829/Bangkalan membantu petani tanam padi dengan melakukan pembajakan sawah di kelompok tani Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu (12/11/2016).

Babinsa Bajeman Serka Sutrisno dan Serda Bekti saat mendampingi petani mengatakan pihaknya membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk disiapkan penanaman padi, sehingga sawah dibajak dan dilakukan penyiapan bibit padi.

"Saat ini kelompok tani mulai membajak sawah dan lahan mereka didukung pengairan yang lancar, sehingga sekitar 2 hektare sawah mereka siap ditanami padi," katanya.

Sementara menurut Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto melalui Danramil Kapten Kav Handri Tjahyo menyampaikan kami perintahkan Babinsa aktif turun kesawah untuk melaksanakan pendampingan kepada petani.

"Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2016 di Bangkalan," katanya.

Untuk menggenjot produktifitas panen, lanjut dia, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan, sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional.

Sementara petugas penyuluh lapangan Ali, mengatakan "Selama ini produksinya relatif cukup baik dan relatif tidak ada hama yang menyerang dan secara bersamaan melaksanakan masa persiapan tanam," katanya. (pen)

Sumber: pendam v

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO