Senin, 18 Januari 2021 04:41

Lebih Aman untuk Manusia, Penyemprotan Kendaraan dan Penumpang di Suramadu Gunakan Bio Hayati

Senin, 30 Maret 2020 21:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Lebih Aman untuk Manusia, Penyemprotan Kendaraan dan Penumpang di Suramadu Gunakan Bio Hayati
Petugas gabungan memantau penyemprotan disinfektan bagi pengendara motor di pintu masuk jembatan Suramadu, Senin (30/3).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada yang baru dalam penyemprotan yang dilakukan kepada kendaraan dan penumpang yang melintas di jembatan Suramadu, Senin (30/3). Kali ini penyemprotan menggunakan zat bio hayati yang lebih aman bagi manusia.

Penyemprotan ini dipantau langsung oleh Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, Dandim 0829 Letkol Kav Ari Setiawan Wibowo, dan Kejari Emanuel Ahmad, di pintu masuk jembatan Suramadu.

Meski sudah menggunakan bio hayati, Kapolres Bangkalan mengatakan zat disinfektan tetap digunakan.

"Penyemprotan disinfektan menggunakan bio hayati dilakukan kepada kendaraan atau penumpang yang hendak menuju Surabaya atau meninggalkan Pulau Madura oleh jajaran Polres, Kodim, dan Kejari Bangkalan. Sedangkan (kendaraan, Red) yang masuk ke Pulau Madura dilaksanakan penyemprotan mengguanakan zat disinfektan oleh teman-teman Polres Tanjung Perak beserta Kodim Surabaya Utara," katanya.

Menurutnya, penyemprotan ini sebagai antisipasi pendatang atau pemudik dari Jakarta yang pulang lebih awal. "Dua hari ini sudah ada 1.200 warga Madura dari Jakarta yang mudik lebih awal, termasuk santri-santri yang pulang dari pondok pesantren di Jawa Timur akan pulang kampung," ujar Kapolres.

"Oleh karena itu, kita laksanakan sterilisasi serta pemetaan bagi pemudik yang akan ditindaklanjuti oleh Satgas Gugus Kecamatan, Puskesmas, sampai ke Desa sebagai garda terdepan. Kepada santri dan masyarakat yang baru sampai di kampungnya agar mengisolasi diri selama 14 hari ke depan," imbau Rama.

Sementara Dandim 0829 Letkol Kav Ari Setiawan Wibowo membenarkan bahwa bahan bio hayati yang digunakan dalam penyemprotan disinfektan ini lebih aman bagi manusia dan lingkungan.

"Masyarakat harus betul-betul melaksanakan social distancing dan phsycal distancing. Jangan keluar rumah kalau tidak ada kebutuhan yang urgen, agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pesannya. (uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...