Kamis, 04 Juni 2020 04:46

Lebih Aman untuk Manusia, Penyemprotan Kendaraan dan Penumpang di Suramadu Gunakan Bio Hayati

Senin, 30 Maret 2020 21:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Lebih Aman untuk Manusia, Penyemprotan Kendaraan dan Penumpang di Suramadu Gunakan Bio Hayati
Petugas gabungan memantau penyemprotan disinfektan bagi pengendara motor di pintu masuk jembatan Suramadu, Senin (30/3).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada yang baru dalam penyemprotan yang dilakukan kepada kendaraan dan penumpang yang melintas di jembatan Suramadu, Senin (30/3). Kali ini penyemprotan menggunakan zat bio hayati yang lebih aman bagi manusia.

Penyemprotan ini dipantau langsung oleh Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, Dandim 0829 Letkol Kav Ari Setiawan Wibowo, dan Kejari Emanuel Ahmad, di pintu masuk jembatan Suramadu.

Meski sudah menggunakan bio hayati, Kapolres Bangkalan mengatakan zat disinfektan tetap digunakan.

"Penyemprotan disinfektan menggunakan bio hayati dilakukan kepada kendaraan atau penumpang yang hendak menuju Surabaya atau meninggalkan Pulau Madura oleh jajaran Polres, Kodim, dan Kejari Bangkalan. Sedangkan (kendaraan, Red) yang masuk ke Pulau Madura dilaksanakan penyemprotan mengguanakan zat disinfektan oleh teman-teman Polres Tanjung Perak beserta Kodim Surabaya Utara," katanya.

Menurutnya, penyemprotan ini sebagai antisipasi pendatang atau pemudik dari Jakarta yang pulang lebih awal. "Dua hari ini sudah ada 1.200 warga Madura dari Jakarta yang mudik lebih awal, termasuk santri-santri yang pulang dari pondok pesantren di Jawa Timur akan pulang kampung," ujar Kapolres.

"Oleh karena itu, kita laksanakan sterilisasi serta pemetaan bagi pemudik yang akan ditindaklanjuti oleh Satgas Gugus Kecamatan, Puskesmas, sampai ke Desa sebagai garda terdepan. Kepada santri dan masyarakat yang baru sampai di kampungnya agar mengisolasi diri selama 14 hari ke depan," imbau Rama.

Sementara Dandim 0829 Letkol Kav Ari Setiawan Wibowo membenarkan bahwa bahan bio hayati yang digunakan dalam penyemprotan disinfektan ini lebih aman bagi manusia dan lingkungan.

"Masyarakat harus betul-betul melaksanakan social distancing dan phsycal distancing. Jangan keluar rumah kalau tidak ada kebutuhan yang urgen, agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pesannya. (uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...