Tutup Grebeg Suro, Bupati Ponorogo Ziarah ke Pesarean Srandil

Tutup Grebeg Suro, Bupati Ponorogo Ziarah ke Pesarean Srandil Bupati Ipong saat menabur bunga di pusara Bupati-Bupati Sumoroto.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Menutup rangkaian perayaan Grebeg Suro tahun 2016, beserta jajarannya melakukan ziarah ke Pesarean Srandil, Desa Srandil, Kecamatan Jambon, Kamis (27/10).

Diikuti segenap jajarannya, Bupati Ipong Muchlissoni dan Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni nampak semangat mendaki pesarean yang berada di atas bukit tersebut.

Usai berdo’a bersama dengan membaca tahlil, Bupati dan rombongan melakukan tabur bunga ke pusara makam bupati-bupati Sumoroto beserta keturunannya, yang dipandu oleh juru kunci makam, Sudrajat.

Selanjutnya Bupati Ipong Muchlissoni beserta jajarannya mengadakan tatap muka dengan warga Srandil, Kecamatan Jambon di halaman Masjid At Taqwa.

”Selamat datang kepada Bupati dan segenap rombongan. Situs pasarean Desa Srandil merupakan kebanggaan bagi desa kami, untuk itu kami akan terus melestarikan dan nguri-uri apa yang sudah menjadi agenda rutin,” ujar Kepala Desa Srandil, Saguh Raharjo, SH saat menyambut Bupati Ipong.

Saguh mengakui bahwa masih banyak kekurangan dalam mengembangkan wisata religi di desanya, khususnya terkait keberadaan situs pesarean Srandil. Kekurangan itu adalah rusaknya jalan sebagai akses menuju pasarean tersebut. "Untuk itu kami mohon Bupati untuk memberikan bantuan kepada Desa Srandil, utamanya dalam rangka membangun sektor wisata untuk menumbuhkan perekonomian warga desa Srandil," pungkas Saguh Raharjo.

Bupati pun menyambut baik upaya Desa Srandil dalam melestarikan budaya, seperti mocopatan, sholawatan, gajah-gajahan dan reogan, dengan memasukkan unsur religi dan unsur pariwisata.

"Ke depan kita akan merencanakan program khusus wisata utamanya berkaitan dengan adanya Pesarean Srandil ini. Saya meminta kepada Kepala Desa untuk menentukan ikon yang ada di desa ini untuk dikembangkan secara maksimal," sambung Bupati Ipong.

"Harapan saya, dengan adanya acara pesta budaya seperti ini mampu menghidupkan dan menaikkan pertumbuhan perekonomian masyarakat desa Srandil khususnya dan masyarakat Ponorogo umumnya, menuju Ponorogo yang berkemajuan, berbudaya dan religius," pungkas Bupati. (yah/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO