Ponpes Al Hidayah Borong 35 Piala dalam Ajang MQK Tuban

Ponpes Al Hidayah Borong 35 Piala dalam Ajang MQK Tuban Para juara MQK foto bersama. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ponpes Al Hidayah, Desa Laju Kidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban berhasil memborong 35 piala dalam lomba MQK yang diselenggarakan di Pendopo Krido Manunggal Tuban, kemarin (12/10).

Pemenang MQK baru diketahui sekitar pukul 21.30 WIB setelah dewan juri membacakan perolehan nilai dari jumlah peserta yang ada. Ajang MQK tingkat Kabupaten Tuban ini diikuti sebanyak 380 peserta baik santri maupun santriwati.

Ketua Tim Al Hidayah Laju Kidul, Muzzamil mengatakan bahwa dalam lomba kali ini pihaknya mendelegasikan 50 santri. Dari total 44 piala yang diperebutkan, Al-Hidayah mendominasi dengan memborong 35 piala. Hal ini membuat Al Hidayah menjadi juara dalam gelaran MQK ke V 2016 ini.

"Adapun dominasi tersebut di bidang beberapa cabang, di antaranya fiqh, tafsir, hadits, nahwu, aklaq, usul fiqih, tarikh dan balaghoh. Yang mana telah dibagi tingkatan Ula, Whusto, Ulya dan debat bahasa Arab dan Inggris," bebernya.

Atas prestasi yang didapat, Muzammil bersyukur. Ia berharap ke depan santri mampu mengasah kemampuannya dalam memahaman kitab salafiyah.

Sementara itu, Agus Mujabul Marom (Gus Marom) selaku dewan juri menjelaskan, bahwa dalam gelaran kali ini banyak peserta yang kurang persiapan sehingga terkesan asal-asalan saat perlombaan. Namun, ia memaklumi karena lomba MQK kali ini baru pertama diadakan di Pendopo Krida Manunggal. Biasanya ajang MQK ini digelar di masjid Agung Tuban. (tbn1/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO