Sabtu, 31 Juli 2021 03:57

Motif Batik Semanggi, Ikon Surabaya berasal dari Kelurahan Sememi

Kamis, 13 Oktober 2016 11:20 WIB
Editor: choirul
Wartawan: mega melati
Motif Batik Semanggi, Ikon Surabaya berasal dari Kelurahan Sememi
Motif batik semanggi, khas Surabaya. foto: mega melati/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Semanggi menjadi ikon Surabaya. Namun, keberadaan tanaman rambat ini kini nyaris punah. Hanya satu kelurahan, bahkan satu kecamatan yang mempertahankan tanaman ini, yaitu Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo Surabaya. Bahkan, para penjual kuliner khas Suroboyo semanggi ini, juga berasal dari kelurahan ini semua. Dan kelompok batik asal Sememi, melihat peluang ini, mereka pun mengukuhkan Batik Semanggi sebagai bagian khas corak Surabaya.

Tepatnya di RT 01 RW 01 Kelurahan Sememi, sentra batik ini konsisten memroduksi batik semanggi. Demikian ditegaskan Sudarmi (46), anggota kelompok Batik Semanggi Dua di bagian pemasaran, Minggu (09/10/2016), di Taman Bungkul Surabaya.

“Dulunya di RW 09 sudah ada Batik Semanggi 1, trus vakum. Lalu kita yang meneruskan. Kita pengen RW 01 jadi ikon Batik Semanggi,” jelasnya.

Merk produk Batik Semanggi RW 01 adalah Batik Semanggi Dua karena kelompok usaha Batik Semanggi Dua ini berbeda dengan kelompok usaha Batik Semanggi satu di RW 09.

BACA JUGA : 

Kenalkan Konsep Sakera-Marlena, Embran Nawawi: Ini Bisa Jadi Alternatif National Costume

​Batik Tulis Pamekasan Jadi Suvenir Ajang Miss Universe 2021 di Amerika Serikat

Buka Pameran Batik, Bordir & Aksesoris Fair ke-16, Khofifah: Ini Momentum Kebangkitan UMKM Jatim

​Reksa Natura Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Keris dan Uji Kompetensi Batik

batik khas Suroboyo. Warna hijaunya bukan warna bonek.

Batik Semanggi 1 vakum sekitar 3 tahunan, lalu UKM dari RW 01 kelurahan Sememi meneruskan usaha Batik Semanggi pada tahun 2015 sejak mengikuti pelatihan dari Bapemas.

Anggotanya sampai saat ini sekitar 25 orang. “Kalau pesanan rame, semua anggota diikutkan dalam proses pembuatan, tetapi kalau pesanan sedikit ya hanya 5 orang, tidak banyak-banyak,” aku Sudarmi.

Motif Batik Semanggi Dua adalah motif daun Semanggi yang digunakan sebagai pakem. Warna yang digunakan bisa mermacam-macam sesuai dengan pesanan. “Ciri khas Kecamatan Benowo adalah Semanggi, jadi kita bikin batik semanggi. Pakem yang kita gunakan adalah daun semanggi,” jelas Sudarmi.

Baru setahun merintis usaha Batik Semanggi Dua, UKM ini sudah banyak mendapat pemesanan. Mulai pesanan dari kader Posyandu dan kader lansia kelurahan dan kecamatan, TBM, dan Bapemas. Menurut Sudarmi, tidak ada minimal pemesanan. “Kalau ada yang pesan 1, 2, 3 ya tidak apa-apa. Kita terima,” akunya.

Pemasaran Batik Semanggi Dua selain dari mulut ke mulut juga melalui media online. Harga Batik Semanggi Dua untuk batik cap adalah Rp 150 ribu, sedangkan untuk batik tulisnya seharga Rp 250 ribu. Omzet Batik Semanggi Dua tiap bulan meningkat. Sampai saat ini omzet perbulan sekitar Rp. 5 juta lebih. (megamelati/UTM)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...