Ratusan Pulau di Madura ‘Miskin’ Media Informasi

Ratusan Pulau di Madura ‘Miskin’ Media Informasi Surochiem Abdus Salam, pengamat komunikasi dari Universitas Trunojoyo Madura. foto: istimewa

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com – Sejalan dengan mulai perkembangan dan ‘terbukanya’ pulau , semestinya dibarengi dengan keterbukaan informasi. Namun, ratusan pulau-pulau kecil di , tak bisa mengakses informasi sama sekali.

Bahkan perkembangan di pulau itu, belum dinilai mentas dari stigma kurang maju, karena masih kurangnya media informasi yang bisa menjangkau seluruh wilayah.

Untuk bisa menjadi destinasi wisata, harus diimbangi oleh keterbukaan informasi publik. “Keterbukaan informasi publik di belum sesuai harapan, keterbukaan informasi di masih dimiliki oleh pengusaha, terutama birokasi politik. Akibatnya, mobilisasi masyarakat bukan atas inisiatif sendiri. Akhirnya, sering terjadi pelanggaran pemilu di , karena soal mobilisasi yang bukan inisiatif sendiri itu,” kata Surochiem Abdus Salam (42), pengamat komunikasi dari Universitas Trunojoyo .

Surochiem yang juga Ketua Divisi Kelembagaan dan Sosialisasi KPID Jatim ini, beranggapan bahwa belum terbuka akan lalu lintas informasi. Mereka hanya terpusat oleh satu informasi yaitu, kepala desa atau klebun. Sehingga masyarakat tidak akan mendengarkan informasi dari siapapun, kecuali kepala desa.

“Contoh nyatanya saja, Klebun (Kepala Desa) bisa mengendalikan suara warganya, itu memungkinkan karena politik itu berlangsung lama. Jadi, warga lah yang seharusnya diberdayakan, dengan cara membuka kran informasi sebesar-besarnya. Jika pengetahuan warga berkembang, maka akan terjadi partisipasi,” kata dia yang juga Peneliti Media Spesialist SSC ini.

“Oleh karena itu di Program Studi Ilmu Komunikasi yang berhubungan dengan media, selalu membuka informasi di pulau-pulau terpencil, agar memiliki keterbukaan informasi publik. Dan dengan keterbukaan ini, warga pulau terpencil akan bisa menilai, bahkan mengontrol,” ungkap dosen yang menjadi ada Local Partner the Ridep Institude ini.

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO