Tokoh NU Kenang 'Muktamar di Situbondo'

Tokoh NU Kenang Halaqah NU dalam Rangka Pramunas yang dilaksanakan di PP Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Foto:hadi prayitno/BANGSAONLINE

SITUBONDO (bangsaonline) - Mengundang sejumlah tokoh yang terlibat langsung dalam pagelaran Muktamar ke-27 di Situbondo tahun 1984 silam, PB melaksanakan Halaqah Nasional di PP Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, tadi siang (11/6).

Tujuannya, mendapatkan inspirasi menjelang Munas dan Konbes yang akan dilaksanakan tahun ini,.

Muktamar ke-27 di Situbondo tahun 1984 sendiri, melahirkan keputusan penting, yaitu ‘kembali ke khittah’.

Sekretaris PP Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo KH Ach Faddhoil mengatakan, acara Halaqah Nasional yang dihadiri pengurus struktural dan banom se-Jawa Timur ini, jauh dari nuansa dan hiruk-pikuk politik Pemilu Presiden.

Menurutnya, pelaksanaan Halaqah Nasional murni untuk kebutuhan refleksi demi mendapatkan inspirasi menjelang Munas dan Konbes mendatang.

“Kita mengenang dan merefleksikan kembali pemikiran yang saat itu berkembang, kita melihat bahwa khittah menjadi penting untuk diimplementasikan secara murni pada posisi saat ini,” kata KH Fadhoil.

Menurutnya, dalam halaqah ini, lebih memokuskan kepada sejarah dengan mendapatkan informasi dari tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam perhelatan Muktamar ke-27 silam. “Tadi, pengasuh sudah menjelaskan bahwa yang paling penting kita melihat sejarah, di mana orang yang hadir saat itu terlibat penuh dalam proses kembali ke khittah, dari situ apakah ada poin yang dapat kita ambil untuk menjadi sebuah pegangan bagi kita untuk hari ini dan seterusnya.”

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO