Jumat, 15 November 2019 17:46

Dialog Interaktif KPK-ICW di Trenggalek, LSM dan Kades Saling 'Serang'

Rabu, 14 September 2016 23:55 WIB
Dialog Interaktif KPK-ICW di Trenggalek, LSM dan Kades Saling
Dialog interaktif yang menghadirkan nara sumber dari KPK dan ICW di Trenggalek berlangsung seru.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dialog yang menghadirkan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Indonesia Corruption Watch (ICW) di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Rabu (14/9) berlangsung menarik. LSM dan Kades yang hadir saling mengkritisi kebijakan masing-masing.

Puryono misalnya, kepala desa Karangturi kecamatan Munjungan ini menyampaikan kegeramannya pada sikap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) khususnya yang berada di kabupaten Trenggalek dalam melakukan investigasi lebih didorong pada dendam pribadi. Pernyataan ini dilontarkan olehnya saat dialog interaktif dalam rangka transparansi nasional bersama narasumber dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi dan ICW (Indonesia Coruption Watch) di pendopo kabupaten Trenggalek rabu 14 September 2016.

“Bila kinerja LSM itu untuk meluruskan atau mengawal anggaran kepada arah yang benar, saya sangat sepakat. Namun yang saya ketahui LSM di kabupaten Trenggalek ini dalam melakukan kontrol sosial lebih banyak dilatar belakangi dendam pribadi,” tuding Puryono.

Pernyataan tersebut sengaja dilontarkan Puryono lantaran beberapa menit sebelumnya salah satu peserta dialog interaktif Nurhadi Sofyan dari LAKI (Laskara Anti Korupsi Indonesia) dalam sesi tanya jawab dengan para narasumber sempat melontarkan bahwa kinerja kepala desa se-kabupaten Trenggalek harus mendapat perhatian khusus dari KPK dan ICW.

“Selama ini kinerja daripada SKPD dan kepala desa di kabupaten Trenggalek tidak transparan. Saya mohon KPK untuk memberi perhatian khusus pada mereka, terutama soal penggunaan alokasi dana desa,” ungkap Nurhadi.

Nurhadi menengarai, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan kepala desa khususnya di kabupaten Trenggalek, tidak transparan soal penggunaaan anggaran. Sering kali merasa kesulitan untuk melakukan kontrol. Nurhadi sempat mencontohkan bahwa SKPD maupuan kepala desa enggan memberikan informasi soal penggunaan anggaran mereka baik lewat papan pengumuman atau informasi lainnya yang bisa di ketahui secara jelas oleh publik.

“Semestinya para kepala desa dan SKPD itu memberikan papan pengumuman informasi atau informasi kepada masyarakat soal penggunaan anggaran mereka,” tegasnya dalam kesempatan bertanya pada narasumber di pendopo kabupaten Trenggalek.

Hadir dalam dialog interaktif kali ini SKPD, Kepala desa se kabupaten Trenggalek, LSM, Bupati Trenggalek Emil Dardak, dan wakil Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin. Dua narasumber yakni Fredy Reynaldo Hatugaol dari KPK dan Agus Sunariyanto dari ICW. (man/ns) 

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...