Ayo Para Pecinta Kopi, Hadiri Festival Kembang Kopi di Banyuwangi

Ayo Para Pecinta Kopi, Hadiri Festival Kembang Kopi di Banyuwangi M. Yanuar Bramuda

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Setelah Festival Tumpeng Sewu, Banyuwangi masih memiliki event yang tak kalah seru lainnya yakni Festival Kembang Kopi Gombengsari. Festival yang menyuguhkan tradisi petik kopi rakyat ini berlangsung, Rabu 7 September 2016.

Festival ini sekaligus meneguhkan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para pecinta kopi di Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M. Yanuar Bramuda mengatakan, Festival Kembang Kopi Gombengsari akan memberi pengalaman istimewa bagi semua yang datang. Mulai dari ikut memetik kopi, mengolahnya sampai menghidangkannya.

“Di festival ini, pengunjung bisa mendapatkan asyiknya pengalaman memetik kopi, mengolahnya, menyajikan sampai menikmati langsung kenikmatan kopi asli Gombengsari,” tutur Bramuda.

Festival petik kopi ini, lanjutnya, dilangsungkan di Lingkungan Lerek, yakni di sepanjang jalan menuju Perkebunan Kali Klatak. Sebelum mulai memetik kopi, warga setempat akan memulainya dengan makan bersama sebagai wujud syukur kepada Sang Mahakuasa atas melimpahnya panen kopi.

“Selain warga, acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin ikut serta memeriahkan even ini,” ajaknya. Bramuda melanjutkan, setelah acara selamatan, prosesi petik kopi pun dimulai.

Saat petik kopi selain warga setempat masyarakat dan wisatawan boleh ikut terlibat. “Nantinya pemetik yang baru pertama kali melakukan petik kopi akan diajari cara memilih buah kopi yang matang dan cara memetik kopi,” urainya.

Usai memetik, selanjutnya akan dilakukan pengupasan biji kopi secara bersama-sama. Selesai dikupas, biji kopi akan melalui proses sangrai.

Proses sangrai ini akan dilakukan secara tradisional menggunakan wajan dan tungku dari tanah liat. “Disini warga dan wisatawan akan diajak untuk ikut menyangrai kopi secara tradisional,”cetusnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO