Gunung Ijen Dinobatkan Jadi UGGp, Gubernur Khofifah Berharap Kunjungan Wisata Meningkat

Gunung Ijen Dinobatkan Jadi UGGp, Gubernur Khofifah Berharap Kunjungan Wisata Meningkat Gubernur Khofifah saat mengunjungi kawasan wisata Gunung Ijen.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kawasan Wisata dinobatkan sebagai Global Geopark (UGGp). Penetapan taman wisata geologi di Banyuwangi dan Bondowoso itu dilakukan dalam sidang tahunan di Paris, Prancis, Rabu (24/5/2023) lalu.

Rencananya, penyerahan sertifikat resmi kepada pengelola Ijen Geopark dilaksanakan pada September 2023 di Maroko. Atas penetapan ini, Gubernur memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada atas penetapan tersebut.

"Sebuah kebanggaan yang luar biasa, satu lagi objek wisata geologi di Jatim dinobatkan sebagai UGGp," ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (4/6/2023).

Yang membanggakan lagi, Ijen Geopark dinyatakan lulus sidang Council yang digelar di Provinsi Satun, Thailand, pada 5 September 2022 dengan nilai terbaik di antara taman bumi (geopark) yang lain.

"Saat proses asesmen Geopark, Ijen memperoleh skor 873. Hingga saat ini, capaian skor tersebut masih merupakan capaian tertinggi di antara aspiring Global Geopark di Indonesia yaitu Geopark Belitung dengan nilai skor 850, maupun Geopark Maros Pangkep dengan nilai skor 869," urai .

Geopark Ijen memperoleh tertinggi dari calon Geopark lain di Indonesia dengan keunikan geologi, biologi, budaya, serta fenomena alam (blue fire) dalam kawasan dan menjadikannya pesona yang diakui dunia.

berharap, status baru akan berdampak siginifikan bagi daya tarik wisata, terlebih untuk wisatawan mancanegara yang pada akhirnya juga berdampak pada perekonomian warga setempat, dan Jawa Timur pada umumnya.

"Semoga ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara, sehingga dapat mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur," tuturnya.

Lihat juga video 'Lembah Djati Cocok Untuk Rekreasi Malam Hari Bersama Keluarga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO