Perahu Disapu Ombak, Nelayan Asal Jenu Tuban Hilang

Perahu Disapu Ombak, Nelayan Asal Jenu Tuban Hilang ilustrasi

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Rokim (31), seorang nelayan asal Desa Sucorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban dikabarkan hilang saat melaut mencari rajungan. Ia pergi melaut bersama rekan sekaligus tetangganya, Naim (33) pada Sabtu (13/8) lalu sekitar pukul 23.00 WIB.

Plt Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono kepada BANGSAONLINE.com, Senin (15/8) mengatakan, kedua korban pergi melaut dengan menggunakan perahu motor jenis lolope ukuran 6 meter dan lebar 1,6 meter. Mereka hendak mengecek perangkap rajungan dengan jauh sekitar 27 mil pada titik koordinat 27,7 mil. Namun, tiba-tiba ada gelombang pasang menghantam perahu korban hingga menyebabkan tenggelam.

“Kedua korban berusaha menyelamatkan diri, yang satu atas nama Naim memegang timba plastik dan Rokim memegang gendung tempat hasil tangkapan,” beber Joko.

Lanjut Joko, untuk Naim sudah ditemukan di sekitar perairan Tambakboyo. Ia ditemukan oleh Abdul Zaeni nelayan Tambakboyo pada Senin (15/8) sekitar pukul 06.00 WIB. Mengetahui itu, kemudian tokoh masyarakat atas nama Arif Lukman Hakim (35) melaporkan ke Bhabinkamtibmas Desa Sucorejo, Kecamatan Jenu.

“Korban yang berhasil ditemukan saat ini kondisinya masih syok, sedangkan rekannya Rokim belum ditemukan,” pungkasnya.

Lanjut Joko, saat ini pihaknya sudah mendatangi rumah korban untuk mencatat keterangan saksi dan mendatangkan medis untuk perawatan terhadap Naim, korban yang selamat.

Untuk pencarian korban lainnya, Rokim, BPBD membuka operasi pencarian dan menerjunkan tim. “Kami juga sudah menggali info ke nelayan yang selamat dan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam pencarian korban,” imbuh Joko.

Ia mengimbau, agar nelayan tidak memaksakan diri pergi melaut ketika gelombang sedang pasang. Pasalnya, berdasarkan perkiraan cuaca, tinggi gelombang saat ini masih dimungkinkan terjadi. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO