Gelang Jamaah Haji Dibagi 3 Warna Sesuai Risti Kesehatan yang Dimiliki

Gelang Jamaah Haji Dibagi 3 Warna Sesuai Risti Kesehatan yang Dimiliki Gelang yang dikenakan calon haji.

MADINAH, BANGSAONLINE.com - Jamaah Indonesia yang mempunyai riwayat penyakit dan butuh perhatian khusus diberikan sebuah gelang sebagai penanda. Tanda berupa gelang berwarna terbagi tiga warna yaitu merah, kuning dan hijau.

Ketua Tim Promosi dan Preventif, dokter Yan Bani Luza, melalui laman resmi Kemenag RI menjelaskan, ada tiga warna gelang jamaah , merah hijau dan kuning. Jamaah yang menggunakan salah satu dari ketiga warna tersebut harus sering diperiksakan oleh dokter kloternya masing-masing, baik dalam keadaan sehat maupun dalam kondisi kurang sehat.

Karena menurut dokter Yan, jamaah Indonesia lebih dari 60-70 persen adalah jamaah risiko tinggi (risti). Jamaah yang memakai salah satu dari ketiga warna tersebut harus sering diperiksa oleh dokter. Apabila terlambat mengantisipasi, kata dia, maka makin banyak yang jatuh sakit dan berakibat banyak yang meninggal.

Yang memakai gelang merah adalah jemaah yang butuh perhatian khusus dimana ia harus melakukan pemeriksaan ke dokter kloter dua hari sekali.

Begitupun dengan gelang yang berwarna kuning itu, jamaah juga harus berhati-hati, sehingga harus diperiksakan 3 hari sekali ke dokter kloter.

“Kemudian yang hijau juga musti diperiksakan paling tidak untuk jamaah tersebut diperiksakam 5 hari,” kata dokter Yan.
Oleh karena itu, dengan partisipasi dari tenaga keseluruhan dari tim kesehatan dan semua berkolaborasi, maka kasus-kasus yang risti bisa ditangani sesegara mungkin dan angka pesakitan dapat dicegah.

“Dengan partisipasi dari tenaga keseluruhan dari tim kesehatan dan semua berkolaborasi, maka kasus-kasus yang risti bisa ditangani sesegara mungkin dan angka pesakitan dapat dicegah,” pungkas dt Yan. 

Sumber: beritajatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO