ITS Resmi Launching Prodistik di MA Islamiyah Senori

ITS Resmi Launching Prodistik di MA Islamiyah Senori Penandatanganan MoU antara ITS Surabaya dengan MA Islamiyah Senori dalam saat launching Prodistik. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - ITS Surabaya resmi melaunching Progam Pendidikan Terapan Teknologi Informatika dan Komunikasi (Prodistik) yang ditujukan bagi siswa kepas X Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah, Yayasan Sunnatunnur Senori, Kabupaten Tuban, Minggu (7/8). Acara launching yang digelar di madrasah setempat tersebut dihadiri oleh wali murid, guru dan pengurus Yayasan Sunnatunnur.

Pantauan BANGSAONLINE.com, acara dibuka dan diawali dengan pemberian kisi-kisi prodistik. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama antara ITS Surabaya oleh Dr. Ismain Zain selaku pelaksana prodistik, dengan Kepala Sekolah MA Islamiyah senori, Mustain.

Di hadapan para siswa, wali murid dan guru, Dr. Ismani Zain mengatakan bahwa progam pendidikan terapan (nonformal) bidang TIK lahir sebagai bentuk pengabdian ITS Surabaya kepada masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan. Ia menjelaskan, nantinya pelaksanaan program ini akan langsung diserahkan kepada sekolah dan tutornya.

Pada program ini, lanjut Ismani, siswa dikenalkan pembelajaran civitas academia. Yakni, setiap siswa diharapkan mengikuti kelas dengan sistem kredit semester (SKS) sejumlah 25 SKS. Dari jumlah SKS yang ada nantinya akan dibagi 5 semester dan ditempuh 2,5 tahun. Setelah wisuda, siswa yang mengikuti kelas nonformal Prodistik akan diberikan sertifikat disederajatkan D1 yang diakui oleh ITS Surabaya sebagai mitra.

"Prodistik ini juga upaya mengenalkan TIK secara terapan nonformal. Sehingga, menghasilkan lulusan siap di dunia kerja," ujarnya.

Di tempat yang sama, Pengurus Yayasan Sunnatunnur, H. Fajrudduha, menyampaikan terimakasih atas kepercayaan ITS Surabaya yang telah menerapkan Prodistik kepada MA Islamiyah Senori. Ia berharap, kerjasama terus dilakukan.

"Bila perlu tidak sebatas bidang TIK. Namun, untuk progam-progam pembelajaran lainnya yang menunjang kreativitas siswa juga ditularkan MA Islamiyah," tandasnya.

Untuk diketahui Madrasah Aliyah Islamiyah Senori ini menjadi mitra ITS Surabaya bersama 26 Institusi pendidikan se-Jawa Timur. Bahkan, MA Islamiyah ini menjadi satu-satunya mitra ITS Surabaya yang berada di kabupaten Tuban. Sedangkan, Prodistik merupakan kerjasama progam terapan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan program tersebut, siswa madrasah diharapkan dapat lebih menguasai TIK, sehingga mampu menunjang dalam menghadapi persaingan dunia kerja setelah lulus. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO