Kampung Mercon di Diwek Jombang Digerebek, Salah Satu yang Terbesar di Jawa Timur

Kampung Mercon di Diwek Jombang Digerebek, Salah Satu yang Terbesar di Jawa Timur Petugas menembukan bahan dan ratusan petasan siap jual dari bunker tradisional salah satu TO. foto-roto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Salah satu dari lima sentra industri petasan terbesar yang ada di Jawa Timur digerebek ratusan personil gabungan polisi dan TNI, Jumat (24/6). Sentra industri petasan tersebut terletak di Desa Keras, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Dari penggerebekan ini, petugas menyita ribuan petasan dan puluhan kilogram bahan peledak. Sayangnya, 13 produsen sentra industri tersebut berhasil lolos.

Penggerebekan kali ini sendiri melibatkan 300 personil Polres Jombang, 100 personil Brimob Polda Jatim, satu regu anggota Kodim 0814 Jombang dan polisi militer. Petugas menyisir belasan rumah warga desa keras yang tercatat dalam produsen besar petasan.

"Tim kami bagi untuk secara bersamaan menggerebek rumah 13 target operasi (TO). Mereka ini termasuk produsen petasan di kampung ini," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto kepada wartawan di lokasi.

Sayangnya, penggerebekan kali ini tak berhasil menangkap satu orang pun dari belasan produsen yang diincar. Seluruh rumah yang disinyalir menjadi tempat memproduksi petasan dalam kondisi terkunci.

Namun, petugas tak kehabisan akal. Mereka menyisir kebun salak di belakang rumah warga. Benar saja, di balik timbunan sampah dedaunan, petugas menemukan beberapa timbangan dan dua karung serbuk obat petasan.

"Kami juga temukan barang bukti dari dalam bunker tradisional, baik di kandang ayam maupun dalam rumah TO berinisial I," terang Agung.

Dari dalam kamar rumah salah satu TO, petugas menyita puluhan pak petasan siap jual. Terdiri dari sreng dor, petasan berukuran sebesar ibu jari dan uang tunai Rp 1 juta.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO