Tiga Hari Diguyur Hujan, Pacitan Panen Bencana

Tiga Hari Diguyur Hujan, Pacitan Panen Bencana

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Cuaca buruk masih melanda beberapa daerah, khususnya Kabupaten Pacitan. Menurut informasi yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, perkiraan hujan lebat akan terus mengguyur wilayah Kabupaten Pacitan dan sekitarnya sampai dengan 3 hari ke depan.

Saat ini, hujan lebat telah mengguyur Pacitan selama lebih dari 20 jam, mulai Sabtu 18 Juni hingga Minggu 19 juni 2016. Beberapa aliran sungai besar seperti Grindulu mengalami kenaikan debit air. Beberapa saluran air di daerah Tuban Sidoarjo, Jalan Ahmad Yani meluap sampai menggenangi ruas jalan.

Demikian pula dengan aliran Sungai Grindulu yang melintasi Desa Semanten, juga luber hingga menutupi akses jalan Pacitan - Ponorogo.

Curah hujan yang cukup besar ini, selain berpotensi banjir , juga berpotensi terjadi longsor, seperti yang ada di desa Gantung RT 01 RW 3, Kecamatan Pacitan, rumah milik Sukardi tertimpa tanah longsor. Sedangkan tanah retak terjadi di pondok bumi sholawat RT 2/RW 2, Dusun Jatirejo, Desa Nanggungan. Rumah milik Masrukin, mengalami retak-ratak dinding.

"Kami harap masyarakat Pacitan meningkatkan kewaspadaan terkait bencana yang mungkin muncul," kata Pujono, Kasi Kesiapsiagaan dan Logistik, BPBD Pacitan , Minggu (19/6).

Sementara itu, masyarakat diimbau untuk bisa memitigasi dirinya sendiri, mengingat cuaca buruk yang berpotensi bencana, terutama bagi mereka yang betempat tinggal di wilayah perbukitan dan pesisir pantai.‎ (pct1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO