Senin, 24 Juni 2019 16:39

Mencicipi Gurihnya Bubur Syuro Sunan Bonang Tuban

Jumat, 17 Juni 2016 21:14 WIB
Wartawan: Suwandi
Mencicipi Gurihnya Bubur Syuro Sunan Bonang Tuban
Warga saat mengaduk bubur Syuro di depan masjid Astana Sunan Bonang Tuban. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Setiap bulan suci Ramadhan ada aktivitas yang unik di depan halaman masjid Astana Sunan Bonang Tuban, yakni membuat bubur Syuro. Menurut warga sekitar bubur itu berasa gurih serta beda rasa dengan bubur lainnya.

Bubur syuro merupakan makanan khas yang dibuat oleh pengurus yayasan Mabarrot Sunan Bonang Tuban untuk santapan saat berbuka puasa. Sekilas bubur tersebut seperti pada umumnya. Namun, yang membedakan di situ terdapat daging kambing dan bumbu ala khas Tuban. Sehingga gurih menjadi khas dan berbeda dengan bubur yang lainnya.

Seperti yang disampaikan Sumirah (45) warga setempat, Jum’at (17/6). Ia sudah 'berlangganan' mengonsumsi bubur itu di setiap bulan Ramadhan. Bubur itu untuk pengantar tiap akan berbuka puasa. Selain itu, juga ngalap berkah karena keberadaan bubur itu merupakan warisan leluhur yang sudah ada sejak dulu dan turun temurun dari nenek moyang.

“Ini tradisi turun temurun, kami rela mengantre tidak hanya demi mendapatkan bubur, tapi ingin mencari berkah, dan mendapatkan rezeki yang melimpah,” sambungnya.

Sementara Ketua Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Tuban, KH. Ahmad Mundzir menjelaskan, bubur syuro itu sudah ada sejak dulu. Kata Syuro, berasal dari As Syuro yang artinya berbagi. Jadi bubur tersebut dibuat untuk warga sekitar untuk kemudian dibagi-bagikan. Makanya tak heran, jika masyarakat banyak yang memburu dan ingin mendapatkan bubur tersebut.

“Pembagian bubur syuro merupakan sebuah tradisi yang sampai saat ini masih kami lakukan. Bubur tersebut kami buat untuk dibagikan pada masyarakat. Untuk membuat bubur itu, kami telah menyiapkan tenaga 2 orang yang bertugas memasak sekaligus membaginya,” kata wakil Rais Suryah PCNU Tuban itu. (wan/rev)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...