Harga Ikan Laut di Pasar Tradisional Jombang Merangkak Naik

Harga Ikan Laut di Pasar Tradisional Jombang Merangkak Naik Pedagang ikan laut di Pasar Citra Niaga atau Pasar Legi Jombang. foto: rony s/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Harga ikan laut di pasar tradisional Jombang merangkak naik. Kenaikan itu diduga karena gelombang tinggi akhir-akhir ini. Kondisi tersebut mengakibatkan nelayan takut melaut dan berdampak pada minimnya pasokan ikan ke pasaran.

"Pasokannya agak berkurang, sehingga harga ikan laut mengalami kenaikan. Meski harga naik, jumlah permintaan tetap tinggi," ujar Subandriyah (54), pedagang ikan laut di Pasar Citra Niaga atau Pasar Legi Jombang, Rabu (15/6/2016).

Subandriyah menjelaskan, kenaikan paling kentara ada di ikan kepiting. Sebelumnya harga hewan laut bersupit itu Rp 80 ribu per kilogram, namun kini menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan cumi-cumi dari Rp 35 ribu naik menjadi Rp 45 ribu per kilogram.

Kenaikan cukup terasa juga terjadi pada udang. Yakni dari Rp 40 ribu menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Sementara kenaikan yang relatif rendah terjadi pada ikan tuna, dari Rp 20 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram.

"Kalau ikan salmon sekarang menjadi Rp 40 ribu. Padahal sebelumnya hanya Rp 35 ribu per kilogram," ujar katanya.

Subandriyah mengatakan, pasar tradisional Jombang selama ini mendapat pasokan ikan laut dari Lamongan dan Tuban. Ada pula kiriman pasokan ikan dari Surabaya dan Pasuruan. Sebelum gelombang tinggi, dirinya mendapatkan pasokan ikan sebanyak dua kuintal sehari. Namun, mulai memasuki Ramadan, pasokan hanya berkisar 1,5 kwintal sehari.

"Untuk permintaan tetap bagus. Rata-rata dalam sehari saya mampu menjual 1,5 kwintal. Baik saat harga naik maupun sebelum harga naik," pungkas Subandriyah.

Deny Trianasari, salah satu pembeli membenarkan kenaikan harga tersebut. Namun demikian, dirinya tidak keberatan dengan adanya kenaikan harga itu. Baginya, harga ikan laut naik turun itu biasa. Apalagi, lanjut Deny, saat ini memang cuaca kurang bagus. Gelombang laut sangat tinggi, sehingga nelayan tidak berani melaut.

"Meski harga naik, kita tetap membeli. Toh, tidak setiap hari kita mengkonsumsi ikan laut. Selain itu kenaikan ikan laut tersebut juga masih dalam kewajaran," ujar Deny saat membeli ikan laut di pasar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO