Bupati Jombang Sidak Pasar Tradisional Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

Bupati Jombang Sidak Pasar Tradisional Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Bupati Jombang Hj. Mundjidah saat berbincang dengan pedagang daging saat sidak ke pasar tradisional. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Bupati Jombang Hj. Mundjidah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di kota setempat, Kamis (23/5). Sidak dilakukan untuk memantau harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Dua pasar tradisional yang disidak yakni Pasar Tradisional Peterongan dan Pasar Pon di Desa Kaliwungu, Kecamatan Jombang. Di dua pasar tersebut, baik bupati maupun wabup terlibat perbincangan dengan sejumlah pedagang, baik dari kelompok pedagang lauk pauk daging maupun dengan kelompok pedagang sayuran.

“Sidak untuk mengetahui harga kebutuhan saat ini menjelang lebaran Idul Fitri,” kata Bupati Munjidiah kepada awak media, usai sidak.

Sementara disinggung dari hasil sidak, Bupati mengaku jika tidak ada harga kebutuhan yang naik drastis. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. “Cenderung stabil. Ya tentu ada yang (harganya, red) naik sedikit, maupun juga ada yang turun,” sambung Bupati.

Bahan pokok yang terpantau mengalami penurunan antara lain bawang putih dan cabai. Kendati demikian, Bupati menandaskan jika untuk komoditas cabai masih terus dilakukan pemantauan karena naik turunnya harga bergantung pada kesediaan stok di petani.

Harga cabai keriting saat ini terpantau kisaran Rp 15 ribu per kilogram, cabai biasa kisaran Rp 25 ribu per kilogram dan cabai rawit terpantau pada harga kisaran Rp 14 ribu per kilogram. Sedangkan untuk komoditas beras maupun minyak relatif aman.

“Untuk daging ayam broiler pada Rp 31 ribu per kilogram. Sedangkan untuk daging sapi murni Rp 100 ribu per kilogramnya. Kami juga menganjurkan operasi pasar keliling kecamatan di 21 kecamatan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan," papar Bupati Mundjidah.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga sempat menyinggung kondisi soal stok pangan Jombang yang dalam kondisi aman menjelang lebaran. “Bahkan seperti beras kita surplus,” tutup Bupati.

Sementara itu, dalam melakukan pemantauan, selain bupati, juga terlihat Wakil Bupati Sumrambah, Sekretaris Daerah (Sekda) Akhmad Jazuli, Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiyono, Kadis Pertanian Hadi Purwantoro, serta sejumlah pejabat lainnya. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO