2016 Apem Diserbu Ratusan Warga, Tradisi Awal Ramadan di Jombang

2016 Apem Diserbu Ratusan Warga, Tradisi Awal Ramadan di Jombang 2016 kue apem yang disusun menjadi gunungan di acara Gerebek Apem. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Tradisi gerebek apem menandai awal Ramadan digelar Pemkab Jombang di depan GOR Merdeka, tepatnya di Jalan Gus Dur, Jombang Jawa Timur, Minggu (5/6) sore.

Pantauan wartawan di lokasi, masyarakat sudah memadati jalan tersebut sejak pukul 15.00 WIB, padahal acara baru akan dimulai pada pukul 16.00 WIB. Saat acara dimulai masyarakat saling berdesakan guna memperebutkan 2016 kue apem yang ditata mirip gunungan.

"Tahun ini tradisi gerebek apem sudah berlangsung yang kesepuluh. Dan sudah menjadi agenda rutin pemerintah kabupaten jombang bersama masyarakat. Sehingga bisa dikatan ini tradisi warga kota santri dalam menyambut ramadan," ujar Bupati Jombang, Nyono Suharli usai membuka acara gerebek apem, Minggu (5/6).

Nyono menambahkan, selain gerebek apem, di jalan Gus Dur tersebut juga akan diadakan pasar murah selama ramadan dan menghadirkan sentar Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Jombang. Sehingga diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat kabupaten Jombang.

"Selain itu sebagai ajang perkenalan produk lokal warga Jombang kepada masyarakat luar yang mampir ke pasar murah Ramadan," imbuhnya. (ony)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO