Sambut Ramadhan, Ratusan Pelajar di Jombang Pawai Kentongan

Sambut Ramadhan, Ratusan Pelajar di Jombang Pawai Kentongan Pelajar di Jombang saat pawai kentongan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah, ratusan pelajar di Kabupaten Jombang menabuh kentongan dalam bentuk pawai mengelilingi jalanan kota. Ratusan pelajar tersebut dari berbagai sekolah di kota santri.

Mereka start pawai dari alun-alun Kabupaten Jombang dengan membawa alat musik tradisional kentongan berjalan kaki menyusuri Jalan KH Wahid Hasyim Jombang. Di sepanjang jalan, para pelajar ini juga unjuk kebolehan dengan meneriakkan yel-yel dari kelompoknya masing-masing. Di samping itu, mereka juga membunyikan kentongan untuk mengingatkan masyarakat bahwa sebentar lagi bulan ramadhan sudah datang.

Selain membawa alat musik tradisional, para pelajar tersebut juga membawa aneka poster yang berisi ajakan kepada masyarakat agar berpuasa dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan tidak baik, seperti menghabiskan waktu untuk bersenang-senang, menggosip atau berbuat maksiat.

"Kegiatan ini sebagai pengingat, bahwa sebentar lagi bulan puasa, ini merupakan tradisi rutin,” kata Nur Kholis (14) salah satu pelajar yang ikut dalam aksi tersebut, Sabtu (4/6).

Dengan aksinya ini, dirinya berharap agar masyarakat juga menyambut datangnya bulan suci ramadhan dengan penuh suka cita. Sebab, menurutnya berpuasa bukanlah kegiatan yang menyiksa tetapi menyenangkan dan menyehatkan.

Fadillah (10), pelajar lainnya menyebutkan, dengan berpuasa juga dapat menambah kesehatan bagi tubuh, karena makanan yang kita komsumsi hanya pada waktu tertentu. "Kata pak guru puasa itu membuat badan kita lebih sehat,” pungkasnya. (jbg1/dio/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO