Takar Kinerja, DPRD Gresik Evaluasi Kinerja SKPD Tiga Bulan Sekali

Takar Kinerja, DPRD Gresik Evaluasi Kinerja SKPD Tiga Bulan Sekali Anggota Banggar, Mujid Riduan. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com menginginkan agar kinerja semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkup Pemkab Gresik makin baik. Karena itu, DPRD kian ketat lakukan pengawasan terhadap kinerja SKPD.

Kinerja itu meliputi pelaksanaan program, serapan anggaran dan mencari pendapatan. "Kami akan awasi dan evaluasi terus kinerja SKPD tersebut," kata Anggota Banggar , Mujid Riduan, Jumat (22/4).

Menurut Mujid, berdasarkan hasil rapat antara Banggar (badan anggaran) DPRD dan Timang (tim anggaran) Pemkab Gresik Kamis (21/4), DPRD akan memperketat evaluasi kinerja masing-masing SKPD.

Kalau tahun sebelumnya, evaluasi kinerja masing-masing SKPD dilakukan dalam setahun 2 kali, atau setiap semester (enam bulan) sekali. Untuk evaluasi kinerja SKPD pada tahun 2016 ini akan dilakukan setiap triwulan. Atau, tiga bulan sekali.

"Untuk evaluasi triwulan pertama tahun ini akan kami lakukan pada Mei," jelas politisi senior PDIP asal Kecamatan Menganti ini.

Evaluasi kinerja masing-masing SKPD akan lebih dispesifikkan di empat komisi sesuai bidang masing-masing.

Di mana, Komisi A yang membidangi hukum dan pemerintahan, Komisi B yang membidangi perekonomian dan keuangan, Komisi C yang membidangi pembangunan dan Komisi D yang membidangi Kesra (kesejahteraan rakyat) akan lakukan evaluasi kinerja masing-masing SKPD yang menjadi mitra mereka.

"Evaluasi tersebut masing-masing komisi akan pelototi satu per satu kinerja, capaian kinerja, dan serapan anggaran," terangnya.

Ditegaskan Mujid, memelototi anggaran masing-masing SKPD yang sudah dialokasikan anggaran di APBD 2016, sifatnya sangat penting. Sebab, , khususnya Banggar yang membahas dan mengegolkan anggaran SKPD tersebut.

Dalam pengalokasian anggaran SKPD tersebut, DPRD mengegolkannya dengan berbagai pertimbangan. Di antaranya, mengacu pengalokasian anggaran di tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana capaian kinerja dan serapan anggarannya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO