Ajarkan Anak-anak Gemar Menanam, SQ Launching "Kecil Menanam, Dewasa Memanen"

Ajarkan Anak-anak Gemar Menanam, SQ Launching "Kecil Menanam, Dewasa Memanen" Bupati dan Wabup Sambari-Qosim bersama para pelajar saat kegiatan gemar menanam. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik memiliki cara tersendiri untuk memotivasi anak-anak sekolah dasar agar gemar menanam. Melalui Dinas Pertanian yang bekerjasama dengan PT PJB Gresik, Pemkab Gresik melaunching program ’Kecil Menanam, Dewasa Memanen’.

Pencanangan program tersebut dilakukan oleh Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Moh. Qosim di Ruang Mandala Bakti Praja, Jum’at (1/4).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Pimpinan PT PJB Gresik, Rohmanur Indarto ini mengerahkan 600 siswa SD dari empat Kecamatan se- Kabupaten Gresik. Para siswa SD yang hadir ini dibekali masing-masing bibit tanaman cabe, terong, tomat, pot dan pupuk kandang.

Selain itu juga dibagikan tanaman mangga dan mahoni untuk ditanam di lingkungan sekolahnya.

Bupati dan wakil Bupati Gresik berharap agar bibit yang telah dibagikan dipantau perkembangannya. “Pada beberapa bulan ke depan, harus ada peninjauan dari Dinas Pertanian. Jangan sampai bibit-bibit itu tidak ditanam. Atau hanya ditanam tapi tidak dirawat. Para kepala sekolah harus bertanggungjawab dan mengganti tanaman yang mati," pinta Bupati.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Pemkab Gresik, Agus Joko Waluyo mengatakan, untuk program menanam cabe, terong dan tomat dalam pot ini memang dilombakan. “Pada 3 bulan ke depan, kami akan memantau ke empat puluh delapan sekolah dasar sekaligus melakukan penilaian. Kami sudah menyiapkan hadiahnya," katanya.

Sedangkan pihak pimpinan PT PJB Gresik, Rohmanur Indarto, menambahkan bahwa kegiatan ini menyangkut 2 program sekaligus.”Yang pertama adalah program lingkungan. Sedangkan yang lain adalah program corporate social responbility (CSR)," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO