Tim Penggerak PKK Dorong Warga Manfaatkan Pekarangan

Tim Penggerak PKK Dorong Warga Manfaatkan Pekarangan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Hj Tjaturina Yuliastuti Wihandoko (kiri) melakukan panen hasil tanam di pekarangan rumah warga.foto:humas pemkab/ BANGSAONLINE

JOMBANG (bangsaonline) - Tim Penggerak Kabupaten Jombang berharap masyarakat memanfaatkan pekarangan kosong untuk kegiatan pelestarian lingkungan. Dengan konsep Rumah Pangan Lestari (RPL), pemanfaatan lahan kosong itu diharapkan bisa mendorong terwujudnya kemandirian pangan.

Pesan itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Kabupaten Jombang, Hj. Tjaturina Yuliastuti Wihandoko, saat menghadiri acara panen bersama di Kelompok Rumah Pangan Lingkungan (KRPL), Desa Mojokrapak, Tembelang, Jombang, Selasa (6/5) lalu.

Bersama dengan Kantor Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Jombang, warga didorong untuk mengoptimalkan pekarangan rumah dengan berbagai tanaman pangan dan beragam sayuran melalui konsep RPL. Dorongan itu sebagai upaya untuk mendukung percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal dan mewujudkan kemandirian pangan.

“Saya berharap, kegiatan positif ini bisa bersama-sama kita jaga keberkelanjutannya dan juga kelestariannya," kata Isteri Bupati Jombang itu saat melakukan panen di KRPL Desa Mojokrapak.

Saat melakukan panen di KRPL Desa Mojokrapak tersebut, hasil panen yang dipetik antara lain, sayur mayur, timun, kangkung,cabai, pare, kacang panjang, gambas, dan tomat. Sayuran yang mulai dipanen itu tersebar dirumah-rumah warga, dan hasilnya dimanfaatkan masyarakat setempat, selain untuk dijual.

Dalam program KRPL itu, disiapkan kebun bibit untuk tanaman kebun produksi. Sedangkan penanamannya melibatkan masyarakat dan RW masing-masing sebagai pengurus dalam pengelolannya.

RPL adalah rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO