Kamis, 28 Mei 2020 21:29

Reses, Jumanto Minta Masyarakat Beri Masukan Ranperda RPJMD

Selasa, 22 Maret 2016 15:34 WIB
Reses, Jumanto Minta Masyarakat Beri Masukan Ranperda RPJMD
AJAK MASYARAKAT: Anggota FPDIP, Jumanto, meminta warga beri saran terkait RPJMD Pemkab Gresik. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banyak materi yang bisa disampaikan oleh anggota DPRD Gresik disaat menjalani kegiatan reses (serap aspirasi) pada bulan Maret tahun 2016 ini. Anggota FPDIP DPRD Gresik, Jumanto misalnya.

Dia menyampaikan kepada masyarakat di Dapil (daerah pemilihan)-nya, yakni Kecamatan Dukun, Panceng dan Ujungpangkah soal agenda resesnya.

Jumanto menjelaskan kalau DPRD Gresik saat ini akan melakukan tugas berupa pembahasan Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah), tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Pemkab Gresik tahun 2016-2021.

"Saya jelaskan kepada konstituen, kepada masyarakat kalau 50 anggota DPRD pada bulan Maret 2016 tengah jalani reses. Salah satu bahan yang digali para anggota DPRD dalam reses tersebut meminta masyarakat untuk memberikan masukan soal RPJMD," kata Jumanto yang menggelar reses di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah dan Desa Babakbau Kecamatan Dukun.

Jumanto menjelaskan, bahwa sebelum Ranperda RPJMD tersebut dibahas, DPRD mengawali dengan Ranwal (rencana awal) RPJMD Pemkab Gresik menggandeng FITRA (Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran).

Karena itu, lanjut Jumanto, untuk bahan pembahasan Ranperda RPJMD tersebut, dirinya meminta masukan dari masyarakat. "Saya katakan kepada masyarakat, bahwa RPJMD itu berisikan visi-misi Bupati-Wabup, SQ (Sambari-Qosim) jilid II. Termasuk janji-janjinya saat kampanye pada Pilkada bulan Desember tahun 2015," jelas politisi senior PDIP asal Dukun ini.

Untuk itu, kalau dalam Ranperda RPJMD itu ada janji-janji SQ saat Pilkada yang dilontarkan kepada masyarakat dan belum dimasukkan ke dalam RPJMD, masyarakat diminta untuk melaporkan atau memberikan masukan.

"Saya meminta masukan masyarakat. Baik soal visi misi atau di luar itu yang pernah disampikan saat kampanye SQ pada saat Pilkada, sudah sesuai atau tidak," terangnya

Jumanto menyebutkan, dalam resesnya tersebut, dirinya juga menjelaskan kepada masyarakat soal kedudukan DPRD dengan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Mengacu amanat UU (Undang-Undang) Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemda (pemerintah daerah), disebutkan, kalau DPRD memiliki kedudukan sejajar dengan Bupati selaku penyelenggara pemerintah.

Makanya, kalau ada kebijakan Bupati yang dianggap salah, tidak berpihak rakyat, tidak sesuai visi-visi, menyimpang dari janji kampanye, maka DPRD juga ikut bertanggungjawab. "Jadi, DPRD juga punya andil yang sama ketika ada kebijakan pemerintah yang dianggap menyimpang dari visi-misi maupun janji kampanye," terang anggota F-PDIP ini.

"Untuk itu, DPRD sangat ekstra hati-hati dalam menyikapi dan menyetujui kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Sebab, kebijakan itu setelah digulirkan yang terkena dampak adalah masyarakat," imbuhnya.

Jumanto menambahkan, pada reses tersebut, dirinya mendapatkan banyak pengajuan permintaan bantuan dari masyarakat. Ada yang berupa permintaan bantuan gerobak untuk berjualan, bantuan sarana ibadah seperti masjid dan musala.

Kemudian, bantuan sarana pendidikan seperti perbaikan sekolah, bantuan sarana pertanian seperti sarana irigasi dan lainnya. "Ya, saya minta kepada mereka mengajukan lewat proposal. Dan, memang prosedurnya seperti itu," katanya.

Dan, yang lebih penting dalam pengajuan permintaan bantuan atas nama lembaga, semuanya harus sudah berbadan hukum. "Hal ini mengacu aturan UU Nomor 23 tahun 2014, yang didalamnya mengatur soal bantuan sosial dan hibah," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...