Reses, Jumanto Minta Masyarakat Beri Masukan Ranperda RPJMD

Reses, Jumanto Minta Masyarakat Beri Masukan Ranperda RPJMD AJAK MASYARAKAT: Anggota FPDIP, Jumanto, meminta warga beri saran terkait RPJMD Pemkab Gresik. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banyak materi yang bisa disampaikan oleh anggota disaat menjalani kegiatan reses (serap aspirasi) pada bulan Maret tahun 2016 ini. Anggota FPDIP , Jumanto misalnya.

Dia menyampaikan kepada masyarakat di Dapil (daerah pemilihan)-nya, yakni Kecamatan Dukun, Panceng dan Ujungpangkah soal agenda resesnya.

Jumanto menjelaskan kalau saat ini akan melakukan tugas berupa pembahasan Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah), tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Pemkab Gresik tahun 2016-2021.

"Saya jelaskan kepada konstituen, kepada masyarakat kalau 50 anggota DPRD pada bulan Maret 2016 tengah jalani reses. Salah satu bahan yang digali para anggota DPRD dalam reses tersebut meminta masyarakat untuk memberikan masukan soal RPJMD," kata Jumanto yang menggelar reses di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah dan Desa Babakbau Kecamatan Dukun.

Jumanto menjelaskan, bahwa sebelum Ranperda RPJMD tersebut dibahas, DPRD mengawali dengan Ranwal (rencana awal) RPJMD Pemkab Gresik menggandeng FITRA (Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran).

Karena itu, lanjut Jumanto, untuk bahan pembahasan Ranperda RPJMD tersebut, dirinya meminta masukan dari masyarakat. "Saya katakan kepada masyarakat, bahwa RPJMD itu berisikan visi-misi Bupati-Wabup, SQ (Sambari-Qosim) jilid II. Termasuk janji-janjinya saat kampanye pada Pilkada bulan Desember tahun 2015," jelas politisi senior PDIP asal Dukun ini.

Untuk itu, kalau dalam Ranperda RPJMD itu ada janji-janji SQ saat Pilkada yang dilontarkan kepada masyarakat dan belum dimasukkan ke dalam RPJMD, masyarakat diminta untuk melaporkan atau memberikan masukan.

"Saya meminta masukan masyarakat. Baik soal visi misi atau di luar itu yang pernah disampikan saat kampanye SQ pada saat Pilkada, sudah sesuai atau tidak," terangnya

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO