Sabtu, 28 Maret 2020 17:53

Komisi B DPRD Gresik Dalami Program SKPD di RPJMD 2016-2021

Jumat, 18 Maret 2016 22:41 WIB
Komisi B DPRD Gresik Dalami Program SKPD di  RPJMD 2016-2021
PENDALAMAN: Komisi B ketika mempelajari program masing-masing SKPD di RPJMD 2016-2021. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Pemkab Gresik 2016-2021, mendapatkan atensi khusus 4 Komisi DPRD Gresik. Sebab, program yang tertuang dalam RPJMD yang dibuat oleh masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) tersebut menjadi tolok ukur keberhasilan dan terwujudnya program selama jeda waktu yang telah ditentukan.

Juga, untuk mengecek apakah program SKPD-SKPD sudah sejalan dengan visi-misi Bupati-Wabup, SQ (Sambari Halim Radianto-Moh. Qosim) dan program pemerintah pusat (Presiden RI, Joko Widodo) yang terkenal dengan Nawa Cita.

"Komisi B sangat perlu mendalami program-program SKPD yang tertuang di RPJMD. Program itu apa sudah sesuai dengan visi-misi Bupati-Wabup atau tidak. Kalau menyimpang atau tidak sejalan ya patut kita luruskan," kata anggota Komisi B DPRD Gresik, Faqih Usman saat pendalaman program SKPD di RPJMD 2016-2021, di ruang Komisi D, Jumat (18/3).

Komisi B yang membidangi perekonomian dalam pendalaman program SKPD itu mengundang semua SKPD yang menjadi mitra. Di antaranya, Dinas Pertanian, kantor Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi, UKM dan Perindag, BPPM (Badan Perizinan dan Penanaman Modal), DPPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), DKPP (Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan), dan SKPD terkait lain.

Masing-masing Kepala SKPD diminta untuk memaparkan program yang akan dikerjakan dalam program RPJMD Pemkab Gresik tahun 2016-2021. "Semua SKPD itu kami tanya satu per satu program yang direncanakan. Capaiannya seperti apa. Termasuk keberadaan alokasi anggarannya," jelas politisi senior PAN asal Kecamatan Panceng ini.

Faqih menambahkan, pendalaman program SKPD dalam RPJMD tersebut, juga mempertanyakan isu strategis soal perizinan satu atap pasca keluarnya Perpres Nomor 97 Tahun 2014, tentang PTSP (pelayanan terpadu satu atap). Sebab, saat ini lagi tren penyorotan soal pelayanan perizinan di BPPM (Badan Perizinan dan Penanaman Modal).

Sementara Ketua Komisi B, M. Subeki meminta kepada semua SKPD yang menjadi mitra Komisi B agar membuat program yang sesuai dengan visi-misi Bupati-Wabup Gresik. "Buat program yang rasional yang tidak menyimpang dari visi-misi Bupati-Wabup dan program pemerintah pusat," kata politisi PD ini.

"Kan percuma buat program muluk-muluk kalau gak bisa direalisasikan," terangnya.

Sementara Kepala Kantor Ketahanan Pangan Pemkab Gresik, Wasti Andarini mengatakan, SKPD yang dipimpinnya sudah bisa mewujudkan program ketahanan pangan yang telah dicantumkan dalam visi-misi Bupati-Wabup SQ.

Terbukti, hingga sekarang kebutuhan pangan di Kabupaten Gresik tetap surplus (berlebih). "Ini bukti kongkrit yang kami lakukan untuk memertahankan program ketahanan pangan di Kabupaten Gresik," katanya.

Kepala Disperta (Dinas Pertanian) Pemkab Gresik, Agus Djoko Waluyo menambahkan, bahwa pertanian di Kabupaten Gresik semakin tahun semakin menunjukkan hasil yang menggembirakan. Setiap tahun hasil panen pertanian pangan (padi) selalu surplus dari kebutuhan konsumsi masyarakat. "Kami terus memerluas areal pertanian padi untuk swasembada beras. Tahun 2016 ini areal pertanian kami targetkan 67.000 hektar," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...