Pembangunan Kilang Minyak di Jenu Tuban, Sekda: Tenaga Lokal harus Dilibatkan

Pembangunan Kilang Minyak di Jenu Tuban, Sekda: Tenaga Lokal harus Dilibatkan Sekda Tuban, Budi Wiyana. foto: suwandi/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabar akan berdirinya kilang minyak milik PT Pertamina di Kecamatan Jenu, Tuban sudah beredar di masyarakat. Meski waktunya belum cukup jelas kapan kilang minyak tersebut berdiri, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sudah mengimbau pada Pertamina agar melibatkan tenaga lokal dalam pembangunannya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana, kepada BANGSAONLINE, Selasa (15/3). Budi berharap nantinya pendirian kilang minyak tersebut dapat membawa dampak positif terkait penyerapan tenaga kerja lokal.

"Penyerapan tenaga kerja harus diutamakan baik dalam mulai proyek pembangunan, pengerjaan maupun pasca pembangunan," kata Budi.

"Tidak hanya dilibatkan dalam pembangunan saja, melainkan juga meningkatkan perekonomian melalui geliat ekonomi dengan membuka peluang usaha baru,” imbuh Budi.

Seharusnya, masih kata Budi, semakin banyak perusahaan tumbuh di Tuban maka dapat menekan angka kemiskinan di Tuban. Apalagi keberadaan industri migas digadang-gadang dapat merubah kondisi ekonomi masyarakat sekitar pabrik.

“Upaya kami akan tetap mendesak seluruh industri yang beroperasi di Tuban agar ikut berperan dalam mengentas kemiskinan,” tegasnya.(wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO