Tempat Pelelangan Ikan Mbulet, DKP Kota Probolinggo Dituding tak Becus

Tempat Pelelangan Ikan Mbulet, DKP Kota Probolinggo Dituding tak Becus

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Probolinggo dituding tak becus oleh Komisi B DPRD Kota Probolinggo. Sebab, target pendapatan asli daerah (PAD) tak tercapai, yakni kurang Rp 8 juta. Realitas tersebut terkuak dalam hearing yang dihadiri Kepala DKP Kota Probolinggo Didik Suwignyo dengan Komisi B DPRD Kota Probolinggo, Senin (15/2).

Anggota Komisi B DPRD Kota Probolinggi Sri Wahyuni menceritakan panjang lebar bagaimana tempat pelelangan ikan (TPI) Mayangan dibangun. Menurutnya, sejak DKP dipimpin Wirasmo, Nurkhamdani dan Didik Suwignyo, TPI tetap tak berubah, bukan menjadi tempat pelelangan ikan.

“Pak Wirasmo beralasan lautnya kurang dalam. Nurkhamdani beralasan fasilitasnya kurang lengkap. Sekarang di zaman Pak Didik, apa lagi alasannya. Saya tak habis pikir. TPI yang sangat lengkap, tak juga menjadi pelelangan ikan. Belajar itu ada waktunya, gagal ada batasannya,” tandas Sri Wahyuni.

Dalam hearing itu, Sri Wahyuni juga mencecar pertanyaan kapan Didik akan mengaktifkan TPI sebagai pelelangan ikan. Saat dicecar dewan, Didik tampak bingung dan berkali-berkali melihat ke arah wartawan. Wajahnya tampak galau, karena dewan rupanya tak ingin mitra kerjanya berprestasi jeblok.

“Kami belum menyusun SOP (standart operational and procedure) pelelangan ikan. Nanti kita susun dulu. Kita akan melakukan sosialisasi terkait pelelangan. Setelah itu koordinasi dengan pihak pedagang, nelayan, Polairud dan pihak lain. Tak lupa kami bakal mengundang Bank Jatim untuk dilebatkan di TPI,” jawab Didik.

Karena Didik hanya berputar-putar dan tak mau menetapkan target pelelangan TPI, Ketua Komisi B DPRD Kota Probolinggo, Roy Amran pun mengambil alih microphone saat Sri Wahyuni berbicara.

“Terus kapan ini TPI akan menjadi tempat pelelangan? April bisa? Mei gimana?” sergah Roy.

Didik terdiam. Kemudian, dia menyatakan sanggup Mei TPI akan berfungsi sesuai fungsinya. “Ya, Pak. Mei, TPI akan menjadi tempat pelelangan ikan,” kata Didik. (ndi/sho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO