Tiga Tanggul Jebol, Lamongan Mulai Dikepung Banjir, BPBD Siaga Penuh

Tiga Tanggul Jebol, Lamongan Mulai Dikepung Banjir, BPBD Siaga Penuh

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Lamongan sejak Senin (8/2) malam, menyebabkan beberapa daerah di Kabupaten Lamongan kebanjiran. Bahkan, tiga tanggul di Lamongan jebol, yakni di Dusun Dorogede Desa Gedangan Kecamatan Sukodadi, Dusun Plalangan Desa Ploso Wahyu Kecamatan Kota Lamongan dan di Dusun Plosolebak Desa Tambakploso Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan.

Akibatnya, ratusan rumah dan areal persawahan terendam air, sehingga kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Pantauan bangsaonline.com, sejumlah wilayah Lamongan yang juga kebanjiran antara lain kecamatan Laren, dan sejumlah desa di Kecamatan Karanggeneng. “Airnya sampai masuk ke rumah warga, puluhan rumah warga banyak yang tergenang akibat banjir,” kata Rozikin warga Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng.

Hal yang sama juga terjadi di Jalan Raya Sarirejo tepatnya Dusun Culik Kecamatan Tikung. Jalur ini tergenang hingga 50 cm, akibat luapan kali dan persawahan yang tidak mampu menampung air. "Hujan deras sedikit, pasti banjir," ujar Tria warga setempat. 

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan menyatakan tengah siaga penuh menyusul jebolnya tanggul di tiga titik berbeda di wilayah Lamongan.

Kasi Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lamongan, Jannata SMP, Selasa (9/2) mengatakan, kini pihaknya bersama dengan elemen terkait terus berkoordinasi guna memantau sejumlah wilayah yang dianggap rawan jebol.

“Ada petugas di lapangan, kalau ada kejadian akan langsung ke lokasi, tergantung hujan juga sekarang kalau terkait titik rawan,” jelas Jannata.

“Kami siapkan sak (karung), gedek (dinding dari anyaman bambu), bambu, dan terpal, kami akan pantau terus,” imbuhnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO