Jelang Imlek, Para Dewa di Klenteng Hong San Kiong Gudo Jombang Dimandikan

Jelang Imlek, Para Dewa di Klenteng Hong San Kiong Gudo Jombang Dimandikan MANDI: Patung-patung di Klenteng Hong San Kiong saat disirami. foto: rony suhartomo/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Tionghoa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar ritual memandikan patung dewa jelang perayaan Imlek. Aktivitas itu berlangsung di berbagai klenteng.

Warga Tionghoa meyakini, para dewa naik ke nirwana menjelang Imlek ini. Sehingga, mereka memanfaatkan momen tersebut untuk membersihkan patung.

Salah satunya terlihat di Klenteng Hong San Kiong di Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Di sana patung-patung yang dimandikan antara lain, Dewa Kong Co Kong Tik Cun Ong, Dewi Kwan Im, Kwan Kong, patung Hok Tik Cin Sing, dan Sidharta.

Tak hanya patung saja, sejumlah peralatan ritual juga dimandikan menggunakan sabun. Demikian juga dengan ruangan dan lantai klenteng, semua dibersihkan.

Ketua Yayasan Klenteng Hong San Kiong Gudo, Toni Harsono (49), menjelaskan, sejak tanggal 24 bulan 12 tahun Imlek, para dewa naik ke nirwana. Sehingga, tujuan bersih-bersih tersebut, agar saat para dewa kembali turun pada tanggal 4 bulan 1 mendatang, para dewa merasa senang tempat tinggalnya bersih.

"Dengan demikian, warga Tionghoa berharap dewa akan selalu memberkati dan melapangkan rezeki mereka," katanya. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO