Di Rakernas PDIP, Jokowi Laporan Kinerja Pemerintah

Di Rakernas PDIP, Jokowi Laporan Kinerja Pemerintah Jokowi saat laporan kinerja di Rakernas PDIP. foto: antara

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Saat menghadiri Rakernas I itu, Presiden Joko Widodo () memaparkan kinerja pemerintah dalam setahun terakhir. Sejumlah capaian yang sudah dilakukan pemerintah dipresentasikan di hadapan kader-kader . Presiden mengawali presentasinya dengan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Presiden berharap masyarakat Indonesia tidak khawatir menghadapi MEA. "Saya ketemu kepala negara tetangga di Asia Tenggara, mereka takut karena produk Indonesia membanjiri negara mereka, mereka juga takut SDM kita membanjiri negara mereka. Kalau kita masih ada yang takut, mereka saja takut, kenapa kita juga ikut takut. Kita harus pecaya diri, meyakini kita mampu bersaing dengan mereka, oleh sebab itu tidak ada kata lain, semua dari atas bawah, pusat daerah kerja keras membenahi apa yang kurang," papar di Rakernas I di JI EXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/1).

memaparkan program-program pemerintah yang sudah berjalan dengan paparan presentasi di layar lebar. Setiap proyek yang sudah dijalankan dilaporkan perkembangannya kepada peserta rakernas.

Presiden juga bicara anggaran infrastruktur yang mencapai Rp 311 triliun. Untuk wilayah Indonesia Timur, anggaran infrastruktur ditingkatkan karena memang sesuai kebutuhannya. memerintahkan kepada para menterinya untuk membuka jalur darat yang dapat menghubungkan berbagai kawasan di Papua untuk menurunkan ongkos produksi.

"Kalau itu kejadian, harga semua turun separuhnya. Karena semen, bensin diangkut dengan pesawat," tuturnya. juga bicara soal pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi, light rail transit (LRT) dan Dana Desa. Selain itu sejumlah tantangan bangsa Indonesia ke depan juga dipaparkan oleh .

Rakernas ini juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla (JK). Sejumlah menteri Kabinet Kerja juga hadir, yakni Menko PMK Puan Maharani, Menko Polhukam Luhut Pandjaitan, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menhub Ignasius Jonan, Menteri PU-Pera Basuki Hadimulyono, Menteri PPA Yohana Yembise, Menlu Retno Marsudi, Menhan Ryamizard Ryacudu, Mentan Amran Sulaiman, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly. Ada pula Seskab Pramono Anung dan KSP Teten Masduki. Sedangkan Menteri BUMN Rini Soemarno tidak terlihat.

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO