Ratusan Banser di Kediri Ikut Amankan Natal

Ratusan Banser di Kediri Ikut Amankan Natal Petugas kepolisian dari Brimob kompi C saat menyisir gereja Getsemani Kota Kediri. foto: arif kurniawan/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan petugas kepolisian dari Polres Kota dan satuan Brimob kompi C melakukan penyisiran di beberapa gereja di wilayah Kota , Kamis (24/12) sore. Petugas, melakukan penyisiran dan sterilisasi gereja, menjelang Misa Natal. Di antaranya di gereja Getsemani dan gereja Santo Yosep di Jalan Hasanudin Kota .

Petugas memeriksa seluruh ruangan, di kamar mandi, mimbar, dan seluruh meja kursi, serta hiasan, dengan menggunakan metal detektor dan mirror detektor.

Kapolres Kota AKBP Bambang Wijanarko Baiin mengatakan, penyisiran dilakukan sebagai bentuk antisipasi adanya Pengeboman dan pengrusakan yang dilakukan oleh teroris yang akan melakukan "konser" dalam bahasa terorisme. “Isu-isu pengrusakan, pengeboman menjadi antisipasi kami, dan gereja kami sterilkan,” ujarnya.

Sekedar diketahui, jumlah gereja yang menjadi obyek pengamanan Polres Kota sebanyak 94, dengan jumlah personil gabungan TNI, Polri, Satpol PP sekitar 850 personil. Setelah dilakukan penyisiran, petugas kepolisian, langsung melakukan penjagaan di gereja. Polisi, juga akan memeriksa barang bawaan para jemaat.

Sementara itu, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota juga menyiapkan ratusan anggotanya untuk membantu pengamanan gereja dalam perayaan Natal tahun ini. Bantuan pengaman inilah yang mendapatkan apresiasi positif dari para pendeta.

Pendeta senior Kota Timotius Kabul mengatakan, saling membantu dalam pengamanan peringatan keagamaan merupakan upaya untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di Kota . Ini juga tidak lepas dari peran paguyuban antar umat beragama yang sudah terjalin harmonis sejak lama.

“Kota kami rasa sangat kondusif, toleransi antar umat beragama sangat terjaga dengan baik. Salah satunya teman-teman Banser juga membantu pengamanan saat perayaan Natal,” ujarnya.

Menurut Kabul, jemaat gereja-gereja juga tidak ada yang resah dan khawatir meski sempat muncul isu-isu negatif. Yang pasti situasi kondusif Kota menjadikan ibadah umat nasrani tetap berjalan apalagi dijaga personil dari lembaga Islam. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO