Pilkada Malang Diklaim Relatif Aman

Pilkada Malang Diklaim Relatif Aman

MALANG, BANGSAONLINE.com - Komisioner KPU Totok Harianto menegaskan seluruh tahapan Pilkada sudah kelar 100 persen. Selasa (8/12) hari ini, seluruh PPK sudah menyelesaikan seting kotak suara hingga ke tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami selalu koordinasi dengan PPK di kecamatan dan PPK ke PPS di tingkat desa atau kelurahan. Laporan yang kami terima sudah siap laksanakan Pilkada, besok pagi,” ungkapnya.

Dari 33 Kecamatan di Kabupaten Malang, disiapkan 3.672 TPS. Totok berharap seluruh warga menggunakan haknya, jangan sampai ada yang Golput.

“Sampai saat ini kondisi seluruh lokasi TPS juga terkontrol, tidak ada laporan yang mengancam keamanan. Hanya kondisi alam saja yang patut diperhatikan. Saya kemarin minta peletakan TPS di tempat aman, jangan terkena hujan,” ungkapnya.

Komisioner Panwaslu, M Wahyudi, menegaskan sejauh ini tidak ada masalah dalam pelaksanaan Pilkada. Namun ia tetap memerintahkan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) selalu siap selama 24 jam.

“Ada beberapa KPPS yang rencananya mundur mendadak, informasinya seperti itu. Tapi kami tanyakan kepada PPL tidak menemukannya. Kalaupun ada, itu termasuk pelanggaran serius, bisa pidana,” ungkap Wahyudi.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Malang AKBP Yudo Nugroho Sugianto, saat melakukan gelar pasukan. Bahwa di 33 kecamatan yang menjadi target pengamanan, tidak ada laporan rawan.

“Penguatan kami di tiga pilar dan informasi intelijen, bahkan sampai saat ini tidak ada laporan kerawanan yang berarti. Kalau nanti ada peningkatan ekskalasi keamanan, BKO kami telah siap untuk kami terjunkan,” Tegas Kapolres Malang. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO