Tolak TKD jadi Pasar Modern, Warga Blokir Rumah Kades Sarirogo Sidoarjo

Tolak TKD jadi Pasar Modern, Warga Blokir Rumah Kades Sarirogo Sidoarjo Warga pro pasar modern saat demo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga yang menolak tanah kas desa (TKD) Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo disewakan kepada investor untuk pembangunan pasar modern melakukan aksi blokir dengan menduduki rumah kepala desa (Kades) Sarirogo Eko Prabowo, Rabu (25/11).

Mereka bergerombol di depan rumah kepala desa dan menutup jalan akses ke rumah kepala desa dengan batu dan pepohonan sehingga kades tidak bisa hadir di kantor DPRD Kabupaten Sidoarjo untuk mengikuti rapat pembahasan pro dan kontra pembangunan pasar modern tersebut. Akhirnya, Sat Brimob Polda Jatim dan Polres Sidoarjo berhasil mengevakuasi Kades Eko Prabowo untuk menghadiri rapat di DPRD Sidoarjo.

Warga kelompok penolak pembangunan pasar modern menuntut agar penyewaan TKD tersebut dibatalkan. Warga akhirnya juga melakukan aksi unjukrasa ke gedung DPRD Sidoarjo. Mereka naik 10 bus dan 6 truk menuju ke kantor DPRD Sidoarjo.

Sementara itu, Kapolres Sidoarjo, AKBP Muhammad Anwar Nasir dalam hearing di gedung dewan meminta warga Desa Sarirogo yang menolak pembangunan pasar modern tidak berbuat dan berulah anarkis. Dia mengatakan akan bertindak tegas pada warga yang berbuat atau memancing kerusuhan disana.

“Jangan sampai warga penolak ini, berbuat anarkis, Masalah ini sudah sering kita bahas, selesaikan dengan kepala dingin. Jangan sampai berkelakuan kayak preman, kan ada DPRD, bisa dirapatkan di sini. Jangan berbuat semaunya dengan memblokir jalan desa dan berbuat anarkis dengan mengepung dan menduduki rumah kepala desa, karena itu jelas melanggar hukum dan pasti akan kita tindak tegas pelaku pelanggaran hukum tersebut,” tegasnya.

“Saya hanya ingin Sidoarjo kondusif, aman dan damai. Apalagi mendekati Pilkada Sidoarjo 9 Desember nanti. Jadi, saya minta warga Desa Sarirogo seluruhnya menciptakan iklim yang damai dan kekeluargaan untuk menyelesaikan permasalahan ini,” tandasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO