Kirab Adipura Kota Malang Disambut Hangat

Kirab Adipura Kota Malang Disambut Hangat Wali Kota Malang, M. Anton, saat menerima penghargaan Adipura, Kota Layak Anak, dan taman terbaik nasional, dari Menteri LHK, Siti Nurbaya. foto: istimewa

MALANG, BANGSAONLINE.com - Untuk kesekian kalinya, Kota Malang kembali meraih Adipura. Penghargaan diserahkan Senin (23/11) malam kemarin di hotel Bidakara Jakarta oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar pada walikota Malang HM Anton.

“Anugerah Adipura tentunya memiliki klasifikasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan setiap daerah. Budaya kebersihan jangan hanya dijadikan ajang mengejar sebuah piala semata, akan tetapi merupakan semacam kewajiban bagi semua masyarakat. Dan itu bisa terwujud, apabila dukungan dan partisipasi sifatnya aktif dari warganya. Pemda jangan hanya menerbitkan Perda yang mengatur kewajiban warganya untuk menjaga kebersihan kawasannya baik selokan, pekarangan maupun rumah dan lingkungan sekitarnya itu sendiri," ujar Wapres Jusuf Kalla dalam sambutan penyerahan Adipura pada kepala daerah penerima.

Tiba di bandara Abd Rahman Saleh, Kabupaten Malang Selasa (24/11) pukul 10.00, Walikota Malang HM Anton, bersama Kepala PU, Kepala DKP, Kepala BLH serta pejabat lainnya disambut Wawali, Sekkota Malang serta segenap Kepala SKPD. Adipura langsung dikirab menuju balai kota Malang dengan melewati beberapa jalur protokol. Di balai kota, piala Adipura langsung diserahkan pada Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono disaksikan ratusan undangan dan warga yang hadir.

“Adipura tahun 2015 ini merupakan hasil kerjasama warga Kota Malang, yang didukung oleh kerja kerasnya pasukan kuning, pasukan hijau maupun para peduli lingkungan. Selain Adipura, tentunya warga Kota Malang patut bangga dan bahagia, bahwa Kota Malang juga meraih predikat terbaik tingkat nasional terkait taman tugu depan balai kota, dan berikutnya mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak, secara simbolis, kami terima kemarin malam di Hotel Bidakara Jakarta dari Menteri LHK," terang HM Anton, dalam sambutannya.

Dengan penghargaan ini, Walikota berpesan agar tidak terlena. Sebaliknya, justru untuk melecut untuk terus meningkatkan sekaligus mempertahankan. “Kerjasama antar komponen, bersama TNI/Polri serta Pemkot Malang, didukung kepedulian dan kesadaran masyarakat yang tinggi, kita bangun Kota Malang. Insyaallah masterplan hingga tahun 2030 nanti bisa kita kerjakan,” papar Abah Anton.

Arief Wicaksono, Ketua DPRD Kota Malang menegaskan, prestasi saat ini hendaknya diimbangi dengan pembangunan yang lebih bagus lagi, sesuai RPJMD yang selama ini menjadi target raihan. Pemda bersama masyarakat saling mengisi satu sama lain, dengan tujuan sama-sama meningkatkan pembangunan di Kota Malang. (mlg1/thu/hms/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO