Ajak Mogok Kerja dan Sweeping Pabrik-pabrik, Ribuan Buruh di Jombang 'Kuasai' Jalanan

Ajak Mogok Kerja dan Sweeping Pabrik-pabrik, Ribuan Buruh di Jombang MOGOK: Aksi ribuan buruh di jombang yang menuntut kenaikan upah. foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ancaman mogok kerja oleh para buruh se-Kabupaten Jombang ternyata bukan isapan jempol. Hari ini, puluhan ribu buruh dari berbagai perusahaan turun ke jalan dan melakukan sweeping ke pabrik-pabrik.

Mereka berdatangan dari berbagai arah hingga membuat polisi kelabakan. Sebagian buruh juga berpencar dan melakukan sweeping di pabrik-pabrik.

Beberapa perusahaan yang ketakutan langsung menghentikan produksi dan mengeluarkan buruhnya agar bergabung dalam aksi tersebut. Namun ada perusahaan yang memilih meliburkan seluruh karyawannya hari ini.

Selain sweeping, massa melakukan konvoi di jalan-jalan. Konvoi mereka dari arah Kecamatan Mojoagung menuju Kota Jombang, membuat arus lalu lintas dari Surabaya ke arah Jombang macet total.

Demikian juga dengan rombongan konvoi buruh dari Kecamatan Diwek, membuat jalan raya dari Nganjuk ke Surabaya juga macet, karena ruas jalan dikuasai oleh buruh.

Hingga berita ini diturunkan, puluhan ribu buruh dari berbagai arah masih terus bergerak menuju kantor Bupati Jombang untuk menuntut kenaikan UMK dari Rp 1.700.000 menjadi minimal Rp 2.100.000.

Masyarakat yang hendak melalui Kota Jombang diimbau waspada dengan aksi buruh tersebut agar tidak terjebak kemacetan. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO