Komplotan Pencuri Sapi di Tuban Akhirnya Dibekuk, Satu masih DPO

Komplotan Pencuri Sapi di Tuban Akhirnya Dibekuk, Satu masih DPO Tersangka saat diamankan di Mapolres Tuban. foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kawanan pencuri hewan ternak sapi yang berada di Desa Temandang, Kecamatan Kerek, Tuban akhirnya dibekuk petugas. Tersangka yang berjumlah 4 orang tersebut ditangkap di wilayah kepolisian sektor Sukorame, Lamongan.

Informasi di Mapolres Tuban, Selasa (3/11) menyebutkan, sebenarnya tersangka ada 5 orang. Namun, satu orang tersangka kini masih pengejaran petugas. Sedangkan, empat tersangka yang berhasil dibekuk petugas yaitu, Suyono (47), warga Desa Kedungadem, Kecamatan Kedungadem; Mulyadi (46) warga Desa Banjaranyar, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro; Wagiran (32), warga Desa Sumber, Kecamatan Menden, Kabupaten Blora, Jateng dan Susilo (31), warga Desa Waleran, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan kepada awak media menjelaskan, tiap tersangka memiliki peran dan tugas masing-masing. Dua orang melakukan survei tempat, selanjutnya 3 tersangka lain melakukan eksekusi. Sementara otak pencurian sendiri adalah Susilo, warga asli Kecamatan Gerabagan, Tuban. “Pengakuan dari tersangka, survey tempat dilakukan mulai jam 7 malam hingga jam 3 dini hari,” ungkap Guruh. Usai survey, mereka kemudian membawa kendaraan truk guna mengangkut sapi hasil curiannya.

Sebelum ditangkap, para pencuri ini sudah melakukan aksinya di kandang milik Karsilan dan Suprapto, keduanya warga Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Tuban. Dari dua korban itu, tersangka berhasil membawa kabur 7 ekor sapi. “Saat pemiliknya keluar, sapi itu diambil. Dan pada saat pemiliknya kembali ke kandang ternyata sapi-sapinya itu sudah tidak ada di kandang,” jelas mantan Kapolres Donggala ini.

Lanjut Guruh menyampaikan, kawanan pencuri itu dilumpuhkan di wilayah Lamongan beserta barang buktinya 7 ekor sapi dan 1 kendaraan truk bernopol K 1437 LD. Guna melakukan pengembangan kasus ini, Polres Tuban sudah berkoordinasi dengan jajaran Polres lain. Supaya tersangka lain dapat dicekal petugas.

“Saat ini truk kita tahan, sedangkan barang bukti lain seperti sapi sudah kami kembalikan pada pemiliknya,” tutupnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO