UINSA Gelar Seminar Penulisan Sejarah Kebudayaan Islam

UINSA Gelar Seminar Penulisan Sejarah Kebudayaan Islam Rektor UINSA Prof Abdul A'la. (ft:yuli iksanti/BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tadi menggelar seminar nasional penulisan sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia.

Bertempat di kantor rektorat UINSA, seminar menghadirkan nara sumber Prof Dr Azyumardi Azra dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hadir pada temu ilmiah tersebut sekitar 100 undangan, di antaranya Prof Dr Aminuddin Kasdi MS, Prof Dr Akhwan Mukarom, Drs Masyhudi M Hum, Prof Dr Ali Haidar MA. Dr H Imam Gzali Said MA, kelompok MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), masyarakat sejarawan Jatim, Akademisi UIN, Unair, Unesa, dan PT yang ada di Jatim, serta pegiat sejarah kebudayaan Islam.

Seminar nasional dibuka oleh rektor UINSA Prof Dr Abdul A'la M.Ag. Acara ini digelar untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan penulisan Sejarah Kebudayaan Islam 5 jilid yang sudah ditulis oleh Azyumardi Azra.

"Bahkan saya berharap akan ada 1 jilid lagi yang akan membahas upacara-upacara yang dikonotasikan sebagai budaya Islam. Semisal Sekaten yang dilakukan di Yogjakarta," ujar Azra.

Sementara rektor UINSA, Abdul A'la dalam menyambut baik penyelenggaraan seminar semacam ini. Bukan saja karena penulisnya seorang budayawan Islam saja, melainkan yang peserta yang diundang di acara seminar ini adalah orang-orang yang memiliki andil besar dalam pengembangan budaya Islam di Indonesia. 

Sumber: Harian Bangsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO