Jelang Musim Hujan, DPU Gresik Gencarkan Normalisasi Saluran Air Kota Cegah Banjir

Jelang Musim Hujan, DPU Gresik Gencarkan Normalisasi Saluran Air Kota Cegah Banjir Box Culvert yang dipasang di depan kantor Pemkab Gresik. foto: syuhud/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com menginginkan wilayah kota Gresik pada tahun 2015, terbebas banjir. Untuk itu, Pemkab melalui DPU (Dinas Pekerjaan Umum) gencar melakukan normalisasi saluran air. Penegasan itu disampaikan kepala DPU , Ir Bambang Isdianto, Jumat (30/10).

Menurut Bambang, saat ini DPU dengan alokasi anggaran dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2015, tengah mengerjakan proyek box culvert di beberapa titik. Di antaranya, box culvert di depan kantor , tepatnya jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kebomas, box culvert di jalan dr Soetomo, box culvert di jalan Panglima Sudirman, box culvert di jalan Pahlawan Gresik, dan box culvert di jalan KH Wachid Hasyim, Gresik.

Ditegaskan Bambang, pembangunan box culvert di titik-titik tersebut, dilakukan karena banyak saluran air dangkal. Sehingga, aliran air tidak bisa lancar. " Makanya, kita perbarui semua tempat-tempat saluran air tersebut, " jelasnya.

Lebih kanjut Bambang mengatakan, pembangunan box culvert di beberapa titik tersebut saat ini sudah berjalan 60-70 persen. Bahkan, sudah ada yang hampir finishing (selesai).

Untuk itu, saat musim hujan tiba yang diperkirakan BMKG(Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yang akan mulai akhir bulan November 2015, pekerjaan box culvert sudah rampung. "Kami pastikan setelah semua box culvert terpasang, kota Gresik tidak akan banjir lagi ketika musim hujan," terangnya.

Khusus box culvert di depan kantor Pemkab, tambah Bambang, box culvert itu untuk menghilangkan banjir dan genangan air di depan kantor Pemkab Gresik. Box culvert itu dihubungkan ke Waduk Bunder, tepatnya di sisi belakang kantor . "Air yang mengalir dari box culvert itu akan dipompa ke dalam waduk Bunder," pungkasnya.(hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO