Muhammad Hasan Raup Suara Tertinggi dalam Penjaringan Kandidat Rektor Unej Jember 2015

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Jember dilaporkan menggelar penjaringan kandidat Rektor melalui sistem pemilihan tertutup oleh Senat Universitas di Gedung Sutarjo, Selasa (20/10) kemarin. Dalam penjaringan ini, Drs. Muhammad Hasan dilaporkan meraup suara tertinggi dengan perolehan suara sebanyak 54 suara.

Kendati demikian, siapa yang bakal menduduki jabatan Rektor Universitas Jember masih akan ditentukan oleh suara Menetri Riset, Teknologi, (Kemenristek) dan Perguruan Tinggi RI.

Ketua Panitia Pilrek Universitas Jember, DR. Ghufron kepada sejumlah wartawan menjelaskan, penjaringan ini dihadiri oleh 87 dari 89 senat Universitas Jember. Dua senat lainnya, disebutkan tidak hadir tanpa keterangan.

"Berdasarkan hasil penjaringan tadi, Hasan berhasil meraup dukungan sebanyak 54 suara, sedangkan kandidat lainnya, yakni Slamin dan Yani Yanuar secara berurutan memperoleh dukungan sebanyak 17 dan 15 suara, sisanya abstain," jelasnya kepada awak media

Dengan hasil ini, ketiganya berhak mengikuti tahap selanjutnya, yakni pemilihan Rektor Universitas Jember. Tahapan Pemilihan Rektor ini, akan diikuti oleh seluruh senat Universitas Jember dan utusan dari Kemenrsitek dan Perguruan Tinggi RI. Artinya, meski memperoleh dukungan tertinggi dari senat, Ghufron menjelaskan, Hasan belum tentu dapat kembali menduduki jabatan Rektor untuk kedua kalinya. 

"Dengan 35 persen suara Menteri atau setara dengan 48 suara, semua kandidat memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki posisi tertinggi di Universitas Jember," tukasnya

Seperti diketahui, Pilrek Universitas Jember Tahun 2015 diikuti oleh 3 kandidat, yakni Muhammad Hasan, Yani Yanuar, dan Slamin. Hasan merupakan petahana yang telah menjabat posisi tertinggi Universitas Jember itu pada periode 2011-2015. Sedangkan Yani Yanuar saat ini masih menjabat Dekan Fakultas Pertanian dan Slamin menjabat sebagai kepala Prodi Ilmu Sistem Informatika. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO