Pasarkan Produk Pertanian Organik, Dispertan Bondowoso Buka Pasar Tani

Pasarkan Produk Pertanian Organik, Dispertan Bondowoso Buka Pasar Tani

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pertanian membuka kesempatan kepada petani untuk memasarkan produk unggulannya melalui pasar tani. Seperti pasar pada umumnya, petani yang tergabung dalam kelompok tani dapat melakukan kegiatan jual beli berbagai macam produk pertanian, yang dipamerkan di sejumlah stand yang didirikan di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso.

Beragam produk pertanian organik yang dipasarkan seperti beras, jagung, tomat, sawi dan sayuran lainnya serta buah dengan kualitas prima, ditawarkan kepada konsumen dengan harga yang bervariasi. Pada moment perdana ini, tanpa disangka warga langsung menyerbu stand-stand yang ada untuk berbelanja. Tak heran, hampir semua produk pertanian ludes terjual dalam beberapa jam saja.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso H. Hindarto mengatakan, Para petani selaku produsen dapat memasarkan langsung produknya kepada konsumen, sehingga mengurangi mata rantai pasar sekaligus menciptakan struktur margin yang lebih seimbang.

“Pasar tani ini memang tujuannya mengenalkan kepada masyarakat produk pertanian asli bondowoso yang sehat dan terjamin kualitasnya. Yang dijual di pasar tani ini produk unggulan dari masing masing balai pertanian. Semuanya organik,” ujar Hindarto, Rabu (7/10).

Hindarto mengatakan, pasar tani juga memiliki tujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petani dalam bidang pemasaran dan menguatkan kelembagaan petani sehingga mempunyai posisi tawar. Pasar tani juga memiliki tujuan mengubah pola pikir patani menjadi pola pikir bisnis yang mengedepankan mutu dan efisiensi.

"Pasar tani ini akan direncanakan diadakan sekali dalam seminggu untuk memasarkan produk-produk unggulan Kabuapten Bondowoso utamanya produk organik," pungkasnya. (gik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO