Blusukan ke Kepung, Haryanti Serap Keluhan Petani dan Ajak Jama'ah Muslimat Ciptakan Lapangan Kerja

Blusukan ke Kepung, Haryanti Serap Keluhan Petani dan Ajak Jama ANTUSIAS: Jamaah Muslimat Kepung saat bertemu dengan calon Bupati Kediri, dr. Hj. Hariyanti Sutrisno. foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Sejumlah petani di wilayah Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri mengeluhkan musim kemarau yang masih berlangsung. Para petani sejauh ini terus berharap adanya pasokan air untuk kebutuhan sehari-hari untuk mengairi sawah mereka. Munculnya sejumlah keluhan itu kemudian menggugah calon Bupati Kediri Haryanti Sutrisno mendatangi Jamaah Muslimat NU se – Kecamatan Kepung, Sabtu (26/9).

Dalam kesempatan bertemu dengan para jamaah Muslimat NU ini, dr. Hj. Hariyanti Sutrisno meminta kepada kaum ibu dan perempuan untuk menjaga kelestarian alam dan menciptakan lapangan kerja dengan membuka usaha mandiri rumah tangga.

Dengan didampingi sejumlah kadernya, mantan Bupati Kediri ini, mendatangi lokasi mata air Sumber Dempul berada di Dusun Kenteng Barat Desa Besowo Kecamatan Kepung. Sekitar 30 menit berada di lokasi, Haryanti meminta masyarakat setempat memaksimalkan mata air tersebut.

“Mata air tersebut perlu diperbaiki agar maksimal dan ditanami sejumlah pohon yang bisa besar untuk menjaga kelestarian alamnya. Kami kasihan dengan kondisi petani yang membutuhkan air bersih, menginggat tahun ini kemarau cukup panjang,” jelas mantan Bupati yang berlatar belakang dokter ini kepada jamaah Muslimat se- Kecamatan Kepung.

Usai mendatangi Sumber Dempul, rombongan kemudian menghadiri kegiatan dialog dengan kelompok tani beras organik dan karang taruna yang bertempat di rumah Takim, tokoh masyarakat, warga Dusun Sumber Pancur Desa Kepung. Sekitar 100 orang yang hadir, berharap agar Haryanti kembali menjabat untuk lebih memperhatikan nasib petani dan pemuda yang selama ini butuh bimbingan, binaan dari para ahli serta bantuan permodalan atas sejumlah kegiatan untuk memperluas lapangan pekerjaan.

Setelah sempat berdialog dan menampung masukan dari sejumlah masyarakat yang hadir, Haryanti kemudian mendatangi pengajian di rumah Susmiati, Ketua Muslimat Ranting Kepung yang berada di Dusun Nglarangan Desa Krenceng. Ratusan ibu – ibu yang melihat kehadirannya bergegas beranjak dari duduknya untuk sekedar menjabat tangan dan meminta foto.

Saat sejumlah ibu – ibu muslimat mengeluarkan telepon genggam dan mengajaknya foto selfie, Haryanti pun langsung berpose. “Bunda… bunda foto selfie dulu. Buat kenang – kenangan dan semoga bunda bisa jadi lagi, kami selalu mendoakan untuk bunda,” kata sejumlah ibu – ibu Muslimat yang terlihat puas sambil melihat hasil jepretan dari telepon genggam.

Saat diberi kesempatan bicara, Haryanti pun menyarankan agar para Muslimat untuk berpikir membuka lapangan pekerjaan di rumah. “Ada sejumlah usaha rumah tangga yang kini terkenal, seperti tape ketan dari Ngadiluwih. Jika ibu – ibu berkenan, nanti kami bantu undang untuk memberikan pelatihan. Atau mungkin ada ide usaha lain, silahkan membuat kelompok nanti kami bantu untuk mendatangkan tenaga ahlinya,” jelas Haryanti.

Saat beranjak pergi, sejumlah ibu – ibu Muslimat rupanya belum puas, mereka berdiri hanya ingin foto selfie lagi. Bu dokter yang pada 9 Desember nanti akan maju lagi dalam Pilkada ini juga meminta doa restu dan dukungan. Haryanti berjanji bila terpilih lagi akan mampu amanah dan lebih memperhatikan nasib wong cilik. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO