Tragedi Mina kembali Terjadi, 200 Jemaah Haji Meninggal Dunia, 450 Luka-luka

Tragedi Mina kembali Terjadi, 200 Jemaah Haji Meninggal Dunia, 450 Luka-luka Sebagian jemaah haji dirvakuasi.

MINA, BANGSAONLINE.com – Tragedi Mina kembali terjadi. Ratusan orang jemaah tewas. Itu terjadi akibat massa jutaan itu berdesak-desakan dan terinjak-injak saat melakukan lempar jumroh di Mina, Kamis siang waktu setempat.

Bahkan terakhir dilaporkan, korban tewas mencapai 200 jamaah . Sebagaimana dikutip dari CNN, Kamis (24/9/2015), ritual lempar jumrah di Mina mengakibatkan itu jumlah korban tewas bertambah menjadi sedikitnya 200 orang dan 450 lainnya luka-luka.

Laporan CNN itu menyebutkan, musibah itu terjadi saat ritual lempar jumrah di Mina, yang lokasinya sekitar dua mil dari Makkah. Jemaah sebelumnya berkumpul di tenda-tenda yang sudah disiapkan di kawasan Arafah.

"Insiden jamaah terinjak-injak terjadi di Mina, Direktorat Pertahanan Sipil sedang menangani masalah itu," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Brigjen Mansour al-Turki.

Dalam ritual lempar jumrah itu, jutaan jamaah bergerak dari Muzdalifah ke Mina, lalu berkumpul di satu lokasi untuk melempar batu di tiga pilar di Mina. Insiden Mina ini terjadi untuk kesekian kalinya, setelah pada tahun 2006 silam menewaskan sedikitnya sebanyak 363 orang.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir mengatakan, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) sudah ke lokasi kejadian tewasnya 220 jemaah di Mekkah.

Insiden itu terjadi karena berdesak-desakan saat jamaah hendak ibadah lempar jumrah. "Tim dari KJRI berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk mencari informasi ada tidaknya WNI yang menjadi korban," ujar Nasir, Kamis (24/9).

Lempar jumrah atau lontar jumrah adalah sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari ibadah tahunan ke kota suci Mekkah, Arab Saudi. Para jemaah melemparkan batu-batu kecil ke tiga tiang di Mina yang terletak dekat Mekkah.

Peristiwa tersebut terjadi pada saat hari pertama Idul Adha yang jatuh pada hari ini, Kamis (24/9) di mana jutaan kaum Muslim melakukan proses ibadah di Makkah.

Pejabat Pertahanan Sipil Arab Saudi mengkorfimasi kejadian tersebut melaluti Twitter dan mengatakan telah membuka dua pusat kesehatan di sekitar Mina untuk menampung korban kecelakaan.

Sumber: beritajatim, cnn, inilah, detik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO