Kenang Jasa Pahlawan, Wali Kota Kediri Kunjungi Tiga Veteran

Kenang Jasa Pahlawan, Wali Kota Kediri Kunjungi Tiga Veteran Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat mengunjungi salah satu pejuang veteran. (foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Masih dalam rangka HUT RI yang ke 70 tahun, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengunjungi pejuang veteran di Kota Kediri yang pernah berjuang mengusir penjajah yang saat ini dalam kondisi sakit.

Dalam kunjungannya kali ini, ada tiga veteran yang didatangi. Mereka adalah Soegondo (75) asal Jl Ahmad Yani, Soeyono (85) Jl Veteran Gang 2 dan Soehadi (76) Jl Veteran Gang Baru. Meski sepuh, ketiganya masih sempat mengingat masa-masa perjuangan itu.

Pertama kali, sekitar pukul 11.30, Abu menyambangi kediaman Soegondo di utara markas komando brigif 521. Saat didatangi, Soegondo memang hanya bisa berbaring di tempat tidurnya. Veteran pembela ini menderita stroke. "Ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada veteran kita. Mereka sudah banyak berjuang," kata Abu.

Di tempat kedua, Abu mengunjungi kediaman Soeyono. Soeyono tampak masih sehat. Karena itu, dia sempat berbincang-bincang lama dengan wali kota di ruang tamu rumahnya.

Mengenai kunjungannya, Abu mengatakan, banyak hal yang bisa dipetik dari perjuangan para veteran dulu. Ia mengatakan jika hal ini dapat semakin menguatkan tekad generasi muda untuk meneruskan cita-cita pendahulu. "Itu cara kami menghormati perjuangan veteran," kata wali kota berlatarbelakang pengusaha ini.

Abu melanjutkan, selain mendapat spirit baru, ada sejarah baru yang bisa diungkapkan. Misalnya saja pidato Soekarno di Kediri. "Sebelumnya kita belum pernah mendengar mengenai sejarah itu," kata Abu.

Di kunjungan terakhirnya, Abu mendatangi rumah Soehadi sekitar pukul 14.00. Sama seperti Soegondo, pejuang kemerdekaan di Papua ini tengah tergolek sakit di kamarnya. Selain melakukan kunjungan dan berdialog, Abu juga memberikan bingkisan kepada legiun veteran. (rif/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO