DPU Klaim Jalan Rusak di Tuban Tinggal 3 Persen

DPU Klaim Jalan Rusak di Tuban Tinggal 3 Persen Kepala DPU Tuban, Choliq Qunaisi. (suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tuban, Choliq Qunaisih menegaskan bahwa kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Tuban yang menjadi tanggung jawabnya kini tinggal sisa 3 persen. “Sampai detik ini kami sudah menangani sekitar 120 kilometer jalan yang rusak,” terangnya saat ditemui di kantornya, Jum’at (14/8).

Menurutnya, total kerusakan jalan secara keseluruhan di Kabupaten Tuban sepanjang 150 kilometer. Namun, pada 2015 ini kerusakannya tersisa 30 kilometer. Rencananya sisa kerusakan tersebut bakal dilanjutkan pada tahun berikutnya. “Untuk yang 3 persen akan dilanjutkan pada tahun 2016 mendatang,”tambahnya.

Dijelaskan Choliq, untuk biaya pemeliharaan maupun peningkatan jalan, PU sudah menyiapkan dana dari APBD sebesar Rp 289 Milyar. Selain itu, ditambah lagi dana dari PABD sebesar 80 milyar. “Sedangkan untuk biaya pemeliharaan sudah kami siapkan sekitar Rp 33,6 Milyar, ini,” pungkasnya.

Choliq juga membeberkan jika terdapat jalan yang cepat rusak seperti yang berada di daerah aliran bengawan solo. "Seperti Kecamatan Widang, Plumpang, Rengel dan Soko. Diempat kecamatan tersebut hampir setiap tahun ada perbaikan. Pasalnya, struktur tanahnya lembek," tutupnya. (wan/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO