Peringati Kemerdekaan, KAI Luncurkan KA Gratis

Peringati Kemerdekaan, KAI Luncurkan KA Gratis ilustrasi

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-70 RI, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan program layanan kereta api gratis untuk kelas ekonomi jarak pendek, khusus pada 17 Agustus 2015 terhitung mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Kebijakan ini berlaku secara nasional untuk layanan kereta api jarak pendek dan KRD (kereta rel diesel)," kata Kabag Humas DAOP VII Madiun, Eko Budianto seperti dilansir antara Kamis (13/8).

Ditambahkan, program itu juga dalam rangka program BUMN Hadir Untuk Negeri. Khusus wilayah Jawa Timur, ada 3 jasa layanan kereta api jarak pendek yang akan digratiskan pada hari H peringatan HUT Kemerdekaan ke-70 RI, 17 Agustus yakni KA Rapih Doho dengan Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya, KA Panataran dengan rute Surabaya-Malang-Blitar-Kertosono-Surabaya, serta KRD rute Surabaya-Kertosono-Surabaya.

"Program ini hanya berlaku satu hari sebagai wujud partisipasi dan darma bakti pada masyarakat, bangsa dan negara dalam rangka merayakan kemerdekaan RI," ujarnya.

Hal senada dikatakan Wakil Kepala Stasiun Tulungagun, Ichsan Fajarudin memastikan para penumpang yang menggunakan jasa layanan kereta api Rapih Doho maupun KA Penataran antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB tidak akan dipungut biaya. Mereka bisa mendapat tiket kereta api kelas ekonomi bersubsidi tersebut secara gratis, selama persediaan masih ada.

"Pemesanan tiket pada jam-jam tersebut juga kami gratiskan. Kalau ada yang sudah terlanjur membayar, nanti pada hari H akan kami kembalikan 100 persen," tegasnya.

Ichsan menjelaskan, masing-masing kereta api kelas ekonomi rata-rata memiliki enam gerbong penumpang dengan kapasitas 106 kursi setiap gerbongnya.

Selain tiket dengan kursi duduk, kereta kelas ekonomi bersubsidi yang semuanya memiliki fasilitas mesin pendingin atau AC itu juga menyediakan tiket penumpang tanpa kursi duduk atau berdiri sebanyak 50 persen dari total kursi yang tersedia.

"Kami melayani pembelian tiket melalui pemesanan secara "online" maupun langsung di loket layanan tiket di setiap stasiun yang dilewati," pungkasnya. (tar/sho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO